Lomba Panjat Betung DPR Pecahkan Rekor MURI

Lomba Panjat Betung DPR Pecahkan Rekor MURI

Jakarta - Lomba Pesta Rakyat DPR lewat panjat 70 betung tercatat di dalam Museum Rekor Indonesia. Lomba yang diikuti oleh 350 peserta itu memecahkan Rekor MURI sebagai Lomba Panjat Betung Pertama. Ketua MURI Jaya Suprana mengaku kaget dan tergugah ketika Pimpinan DPR menyatakan niatnya memecahkan rekor MURI.
 
"Sebelumnya, pimpinan yang diwakilkan Fadli Zon bilang ingin pecahkan rekor di 17 Agustusan. Tapi waktu itu saya bilang MURI tak bisa kasih untuk lomba panjat pinang," kata Jaya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Diubahnya panjat pinang menjadi panjat betung, katanya juga semakin membuat Jaya terkesan dengan cara berpikir anggota dewan. Wakil Ketua DPR Fadli Zon pun mengungkapkan alasan lomba ini diadakan ke peserta lomba. "Kalau panjat pinang, pinangnya perlu 15 tahun untuk pohonnya tumbuh. Coba hitung, berapa banyak pohon pinang yang ditebang untuk lomba ini se-Indonesia. Namun kalau bambu cuma 3-5 tahun. Ini salah satu produksi Indonesia yang cepat," kata Fadli.

Piagam Rekor MURI tersebut kemudian langsung diserahkan kepada Ketua DPR Setya Novanto. Jaya pun kembali berceletuk setelah menyerahkan Piagam Rekor MURI ini. "Semoga tahun besok DPR pecahkan rekor baru. Bukan 71 bambu lagi, tapi dua ribu. Terus hadiahnya BMW. Kalau gitu saya juga ikutan," celetuk Jaya.

Lomba Panjat Betung ini menjadi salah satu rangkaian lomba di Pesta Rakyat DPR yang pertama kali diadakan. Sebanyak 70 tim yang terdiri dari 5 orang memperebutkan hadiah dengan total nilai puluhan jutaan rupiah. Acara ini sengaja diadakan untuk meningkatkan semangat masyarakat dan menjaga tradisi di perayaan Hari Kemerdekaan RI. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,