Pesan untuk Orangtua, 100 Anak Jatuh Sakit karena Permen

Pesan untuk Orangtua, 100 Anak Jatuh Sakit karena Permen

New Delhi - Hampir 100 anak jatuh sakit pada Sabtu (15/8/2015), setelah mereka mengkonsumsi permen yang dibagikan oleh seorang kepala desa di Kabupaten Darbhanga, Negara Bagian Bihar, India Timur, saat Peringatan Hari Kemerdekaan, demikian laporan media setempat.

Indo-Asian News Service, dengan mengutip keterangan polisi, melaporkan peristiwa itu terjadi di Desa Ranipur di Darbhanga, sekitar 200 kilometer dari Ibu Kota Negara Bagian tersebut, Patna.

Seorang kepala desa membagikan permen kepada anak-anak di desanya pada Peringatan Hari Kemerdekaan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Minggu pagi (16/8/2015). Namun tak setelah mengkonsumsi permen itu, banyak anak jatuh sakit; mereka mengeluh tak enak badan dan mulai muntah, kata laporan tersebut.

Setelah dibawa ke rumah sakit, sedikitnya 20 anak menderita sakit kritis, sementara orang tua dan kerabat anak-anak itu melancarkan protes dan menuntut tindakan terhadap kepala desa itu, kata laporan tersebut.

Peristiwa anak-anak keracunan makanan kadang-kala terjadi di India.

Pada Juli 2013, setidaknya 23 murid sekolah meninggal di satu sekolah dasar di Kabupaten Saran di Negara Bagian Bihar, setelah mereka menyantap makanan yang tercemar pestisida. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,