Warga Dominasi Undangan Upacara Detik Proklamasi

Warga Dominasi Undangan Upacara Detik Proklamasi

Jakarta  - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan mayoritas undangan berasal dari warga masyarakat yang menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka.


"Kita mengundang warga, nelayan, petani dan nelayan termasuk anak-anak panti asuhan, ada 1.000 undangan yang kita tambahan, mayoritas masyarakat 30 persen pejabat," kata Pratikno di Jakarta, Senin (17/8/2015).

Sementara itu mantan Presiden dan mantan wakil presiden yang hadir antara lain mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan mantan Wakil Presiden Boediono.

Hadir pula semua menteri kabinet kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN dan juga perwakilan negara sahabat. Upacara peringatan detik-detik proklamasi dimulai pukul 10.00 WIB dengan dentuman meriam 17 kali dan dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR RI Setya Novanto.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Turut mendampingi Presiden Jokowi, Ibu Iriana dan Mufidah Jusuf Kalla.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden. Setelah mengheningkan cipta, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka kemudian mengibarkan duplikat Bendera pusaka.(Ode)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,