Jakarta Tak Tertarik Proyek Monorel

Jakarta Tak Tertarik Proyek Monorel

Jakarta Tak Tertarik Proyek Monorel

Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak tertarik untuk melakukan investasi dalam pembangunan sarana transportasi massal monorel oleh PT Adhi Karya.

"Saya sudah ketemu sama pihak Adhi Karya, dan saya sudah sampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak mau berinvestasi di situ (pembangunan monorel)," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (30/10/2014).

Menurut dia, penolakan tawaran investasi tersebut dilakukan karena Pemprov DKI tidak ingin menginvestasikan uang rakyat untuk proyek pembangunan transportasi masal.

"Kita memang tidak mau berinvestasi untuk itu. Makanya, kita menawarkan kepada pihak ketiga untuk menginvestasikan modalnya kepada proyek itu. Menurut saya, investor di bidang properti bisa berinvestasi untuk pembangunan monorel," ujar Basuki.

Meskipun demikian, mantan Bupati Belitung Timur itu tetap mempersilakan Adhi Karya untuk melanjutkan rencana pembangunan sarana transportasi masal berbasis rel tersebut di wilayah ibukota.

Berdasarkan rencana yang telah disusun, PT Adhi Karya akan membangun monorel dengan tiga pilihan rute yang berbeda-beda, antara lain Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang-Kuningan.

Pemilihan rute tersebut dilakukan berdasarkan hasil kajian yang menemukan bahwa sebesar 67 persen kemacetan di Jakarta bermuara dari arus lalu lintas Cikampek, Bekasi hingga ke Cawang serta dari tol Jagorawi hingga Kota Jakarta.

Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membangun rute monorel Kuningan-Cawang-Bekasi dan Cawang-Cibubur dengan total panjang lintasan 52 kilometer itu, yakni diperkirakan mencapai Rp 8,4 triliun.  (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,