Densus Terlibat Baku Tembak dengan Kelompok Santoso

Densus Terlibat Baku Tembak dengan Kelompok Santoso

Poso - Kontak senjata kembali terjadi antara Brimob Polda Sulteng dan Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri, dengan sekelompok pasukan bersenjata yang diyakini sebagai anggota kelompok Santoso. Baku tempak terjadi di pegunungan Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin (17/8/2015) sore.
 
Kejadian itu berlangsung setelah jajaran Brimob Polda Sulteng dengan Tim Densus melakukan penyergapan di basecamp, yang diyakini sebagai markas persembunyian kelompok Santoso, di area Auma. Tepatnya sekitar 2 km dari Lokasi Air Terjun Sungai Kamalera di Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara, atau sekitar 25 km dari perkampungan warga.
 
Aparat Polri sebelumnya melakukan pengejaran terhadap beberapa orang yang diduga adalah kelompok terduga teroris pimpinan Santoso, di sekitar Desa Kilo. Dalam pengejaran itulah, polisi menemukan camp yang merupakan tempat persembunyian kelompok Santoso.
 
Ketika polisi menyergap beberapa orang dalam camp tersebut melakukan perlawanan, sehingga kontak senjata pun terjadi sekitar 30 menit. Dari hasil penyergapan, polisi menemukan sebanyak 20 bom, satu senjata jenis M60 (sniper anti tank) kaliber 12,70 milimeter, dan tenda sebanyak 22 lembar, serta beberapa peralatan lainnya.
 
Menurut Kapolda Sulteng Brigadir Jenderal Idham Azis, pihaknya telah menurunkan 4 regu tambahan dari wilayah Polda Sulteng untuk melakukan pengejaran dan penyisiran selanjutnya. “Sekitar jam 18.00 tadi, saya perintahkan anggota Brimob dan Densus untuk konsolidasi karena hari sudah gelap. Insya Allah besok pagi kita akan lanjutkan lagi pelaksanaan penyisiran. Sebab, masih kita temukan barang bukti lain yang masih ada disekitar TKP, maupun ceceran darah yang lagi kita ikuti untuk mengetahui korban dari pada kelompok tersebut,” kata Idham.(Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,