Puluhan Penghuni Lapas Cianjur Hirup Udara Bebas

Puluhan Penghuni Lapas Cianjur Hirup Udara Bebas

Bandung- Puluhan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIb Cianjur, Jabar, menghirup udara bebas setelah mendapat remisi dalam rangka HUT ke-70 RI, sedangkan ratusan lainnya mendapat pengurangan masa tahanan.

"Sebanyak 45 narapidana langsung menghirup udara bebas bertepatan dengan HUT ke-70 RI. Mereka mendapatkan pengurangan masa tahanan, sehingga langsung pulang. Sedangkan 410 napi mendapatkan pemotongan masa tahanan," kata Kepala Lapsa Cianjur Tri Saptono di Cianjur, Senin (17/8/2015).

Dia menjelaskan, potongan masa tahanan mulai dari tiga bulan hingga maksimal enam bulan, namun ada juga narapidana yang mendapatkan remisi darsawarsa, selama tiga bulan. Namun tambah dia, tidak seluruh warga yang berada di lapas mendapatkan remisi, hanya napi yang sudah berstatus narapidana dan sudah berada di lapas lebih dari enam bulan.

"Untuk yang statusnya tahanan tidak dapat serta mereka yang kurang dari enam bulan berada di sini. Mereka yang diberi remisi merupakan narapidana yang berkelakuan baik," katanya.

Dia menjelaskan, jumlah warga yang berada di lapas Cianjur sebanyak 736 orang, jumlah tersebut termasuk mereka yang bebas hari ini. Dia berharap setelah bebas mereka dapat menjadi warga yang lebih baik, dengan menyalurkan bekal yang telah didapatkan selama berada di lapas, mulai dari kemandirian, wirausaha, serta kepribadian yang baik.

"Semoga mereka dapat hidup normal dan diterima kembali di lingkungannya masing-masing. Serta, tidak kembali melakukan tindakan yang mengembalikan mereka ke lapas ini," katanya.

Indra (25), salah seorang napi yang bebas, mengatakan, setelah bebas dia akan hidup lebih baik dan tidak akan mengulang kembali kesalahan yang sama.

"Selama ini saya sudah salah jalan, selama di penjara niat hanya satu setelah bebas saya ingin membangun hidup yang lebih baik, benar-benar taubat," katanya.(Ode)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,