60 Persen Jalan di Cianjur dalam Kondisi Rusak

60 Persen Jalan di Cianjur dalam Kondisi Rusak

Cianjur - Dinas Binamarga Cianjur mengungkapkan 60 persen jalan di wilayah tersebut dalam kondisi rusak dengan kategori beragam, rusak berat, sedang dan ringan.

"Dari 1.290.347 kilometer jalan di wilayah Cianjur, hanya 40 persen yang kondisinya layak dan bagus. Sedangkan sisanya dalam kondisi rusak dengan berbagai kategori," kata Kepala Dinas Binamarga Atthe Adha Kusdina di Cianjur, Selasa (18/8/2015).

Sehingga ungkap dia, pihaknya akan melakukan perbaikan secara merata di semua wilayah, terutama perbaikan ruas jalan dan jembatan yang rusak di sejumlah wilayah akibat dampak bencana alam.

Namun Pemkab Cianjur, membutuhkan biaya yang cukup besar untuk melakukan perbaikan, sehingga akan dilakukan secara bertahap karena terbatasnya anggaran yang dimiliki.

"Idealnya dibutuhkan dana sekitar Rp200 miliar agar semua jalan di Kabupaten Cianjur berstatus bagus," katanya.

Sementara, rusaknya sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut disebabkan kendaraan besar yang melebihi tonase, sehingga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Salah satunya di Kecamatan Cikalonglkulon, dimana ratusan truk pembawa pasir yang melebihi tonase melintas di jalur tersebut.

Barnas (43) tokoh masyarakat Cikalongkulon mengatakan, akibat kondisi jalan rusak dan berlubang di sepanjang ruas jalur Cikalongkulon, menyebabkan terjadinya kecelakaan setiap harinya. Rusaknya jalan tersebut disebabkan truk pengangkut pasir yang melebihi kapasitas, melintas setiap harinya.

"Sejak jalan ini rusak, setiap harinya dipastikan terjadi kecelakaan, terutama pengendara sepeda motor yang jatuh akibat tidak bisa menghindari lubang yang ada di badan jalan," katanya.

Selain mengakibatkan kecelakaan, sejak rusaknya jalan di wilayah tersebut, membuat aktifitas warga terganggu dan roda perekonomian warga terhambat."Jumlah ruas jalan yang rusak cukup banyak, selain di jalan protokol. Jalan-jalan desa juga mengalami hal yang sama," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,