Pemkot Cimahi Optimalkan Program UKS

Pemkot Cimahi Optimalkan Program UKS

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi  mengoptimalkan program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk meningkatkan kesehatan siswa sehingga dapat belajar dan menyerap pelajaran dengan baik.

"Semua itu terkait dengan kesadaran dan keseriusan kita bersama dalam menciptakan kesehatan untuk anak-anak, ayo, kita galakkan UKS di sekolah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Drg Pratiwi saat rapat koordinasi UKS persiapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di komplek perkantoran Kota Cimahi, Selasa (18/8/2015)

Ia mengatakan, keberadaan UKS di sekolah merupakan upaya meningkatkan mutu kesehatan dan pendidikan anak.

Menurut dia, kesehatan penting dan merupakan hak bagi anak-anak agar dalam melaksanakan kegiatan belajarnya berjalan dengan baik.

"Apabila fisik atau kesehatan terganggu maka anak-anak tidak bisa menerima pelajaran," katanya.

Kegiatan rapat koordinasi dihadiri 195 perwakilan guru Pembina UKS Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Cimahi, serta perwakilan dari Kecamatan Cimahi Tengah, Cimahi Utara, dan Cimahi Selatan.

Pratiwi mengatakan rapat melibatkan guru dan perwakilan dari kecamatan itu untuk menselaraskan pemahaman dalam menjalankan program BIAS sesuai amanah Provinsi Jawa Barat.

Menurut dia, program tersebut penting sebagai bagian upaya mewujudkan anak sehat dengan mengikuti imunisasi.

"Rakor ini sangat penting dengan harapan semua anak-anak dari SD kelas 1 hingga kelas 3 harus 100 persen ikut imunisasi demi masa depan bangsa yang sehat dan kuat," katanya.

Ia menjelaskan, imunisasi merupakan tindakan memberikan kekebalan dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh.

Pemerintah, lanjut dia, telah menerapkan layanan kesehatan paling dasar itu melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang sudah diakui manfaatnya oleh masyarakat.

Menurut dia, anak yang rutin ke Posyandu memiliki status gizi lebih baik, serta mampu mencegah gizi buruk dan gizi kurang.

"Semoga rakor ini menyatukan wawasan dan persepsi kita untuk melaksanakan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta memelihara lingkungan yang sehat," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,