Produk Pertanian Jabar Siap Rambah Timteng

Produk Pertanian Jabar Siap Rambah Timteng

Produk Pertanian Jabar Siap Rambah Timteng

Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan berbagai produk pertanian dan rempah-rempah dari Jabar siap memasok kebutuhan pasar sejumlah negara di Timur Tengah.

"Sangat mungkin ekspor dan kita terus mengembangkan pertanian kita, terutama untuk komoditas rempah-rempah seperti kopi dan teh," kata Gubernur kepada wartawan, Kamis (30/10/2014).

Ia menuturkan, kesiapan memasok produk pertanian Jabar itu setelah dilakukannya pertemuan perwakilan pemerintah dan pengusaha dari negara di Timur Tengah.

Ia berharap, pertemuan itu dapat memberikan dampak positif untuk sektor ekonomi, pariwisata dan sektor lainnya di Indonesia khususnya Jabar.

"Indonesia dikenal karena pertanian, kerajinan dan rempah-rempah. Kita harapkan pertemuan dengan negara-negara Timur Tengah berdampak positif bagi pengembangan pertanian Jabar," kata Gubernur.

Menurut dia, memenuhi kebutuhan ekspor produk pertanian maupun buah-buahan dari Jabar tentu harus berkualitas bagus.

Selain itu, lanjut dia, produk pangan yang diekspor harus organik atau bebas dari pestisida agar nilai jualnya tinggi.

"Harus bebas hormon, bebas pestisida, harus organik, makanya kita kembalikan tanaman dengan tumbuh natural, dengan begitu akan menurunkan biaya produksi, biaya pupuk akan hilang," katanya.

Selain produk pertanian, kata Gubernur, Jabar juga sedang berupaya untuk memenuhi kebutuhan ekspor kopi ke negara Maroko.

Setiap tahunnya, negara Maroko meminta kopi sebanyak 3.000 ton, namun permintaan itu belum dapat dipenuhi seluruhnya.

"Permintaan pasar ekspor jenis kopi dan teh cukup bagus, kita juga sudah ekspor kopi Jabar ke Maroko," kata Gubernur. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,