Rusuh, Penggusuran Rumah Warga Kampung Pulo

Rusuh, Penggusuran Rumah Warga Kampung Pulo

Rusuh, Pembongkaran Rumah Warga Kampung Pulo. (Tempo.co)

Jakarta - Insiden  bentrokan antara warga Kampung Pulo dan petugas semakin tak terkendali. Tak hanya saling lempar batu, warga juga membakar alat berat milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Api berkobar dari bagian mesin alat berat jenis Kobelco yang berada di tepi Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo Jakarta Timur, Kamis (20/8/2015).

Alat berat yang didatangkan ke lokasi untuk melakukan pembongkaran rumah warga itu pun dibakar warga dengan menggunakan bom molotov. Kobaran api terus membesar hingga akhirnya memaksa polisi mengerahkan mobil water cannon, untuk memadamkan api.

Selama proses pemadaman berlangsung, warga terus saja menghujani petugas dengan lemparan batu, kaca dan juga menembakkan kembang api. Warga nekat melakukan perlawanan karena tidak mau rumah mereka digusur sebelum Pemprov DKI membayar ganti rugi, yang pernah dijanjikan saat Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.
 
Petugas Satpol PP yang mengeksekusi penggusuran warga Kampung Pulo berhasil memukul mundur penghalang. Warga yang sebelumnya memenuhi Jalan Jatinegara Barat, terdesak ke dalam gang-gang perkampungan, Kamis (20/8/2015). Petugas Satpol PP dan aparat kepolisian berhasil menguasai jalan raya.

Kawasan yang sebelumnya diwarnai bentrokan kini sepi oleh warga dan hanya terlihat sampah-sampah bekas kerusuhan. Terlihat adanya batu berserakan dan pecahan kaca. Banyak pula kendaraan motor milik wartawan yang terbalik, akibat jadi sasaran amukan massa. Warga yang masih berada di gang- gang perkampungan dilarang keluar oleh petugas.

Mobil water canon pun mulai merangsek masuk ke dalam lokasi bentrokan. Sampai saat ini, Jl. Jatinegara Barat masih tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Sampai saat ini suasana sudah tidak mencekam seperti sebelumnya. Namun demikian, proses eksekusi belum juga dilakukan.
.

Categories:Daerah,
Tags:,