Mobil Innova Itu pun Tertimpa Batang Pohon Besar

Mobil Innova Itu pun Tertimpa Batang Pohon Besar

Bandung - Batang pohon besar menimpa sebuah mobil Innova, yang tengah melintas di Jalan Lengkong Besar, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol Kota Bandung, Kamis (20/8/2015) pagi.

Cecep (43), warga Lengkong yang melihat kejadian itu menjelaskan awal mula kejadian. Mobil itu melaju dari arah barat dan saat memasuki perempatan Lengkong Besar - Pungkur, secara tiba-tiba  sebuah batang pohon menimpa mobil minibus berwarna silver itu.

"Mobilnya nggak parkir, jalan biasa saat lampu merah berhenti. Tiba-tiba pohon roboh nimpa bagian tengah atas mobil," ungkapnya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Cecep menuturkan, polisi dan petugas pemadam kebakaran pun datang ke lokasi kejadian untuk mengangkat batang pohon yang menimpa mobil, mobil pun langsung meninggalkan lokasi. "Gak terlalu parah kayaknya, cuma nimpa bagian tengahnya saja," bebernya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Kadiskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetiya mengatakan warga di sekitar lokasi kejadian diketahui kerap membakar sampah di bawah pohon yang tumbang. "Kalau dibakar di bagian bawahnya, pohon itu pasti gak kuat lagi menahan beban. Jadinya rapuh dan bisa saja tumbang," ucapnya.

Arief mengimbau, warga untuk tidak lagi membakar sampah di bawah pohon. Selain itu Arief memaparkan kejadian pohon tumbang bisa di mana saja terjadi. Kasusnya pun beragam tak hanya akibat dibakar, namun juga usia pohon yang sudah tua, ditambah lagi  batangnya yang keropos bisa mengakibatkan pohon itu tumbang.

Dirinya menuturkan, agar warga tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon, untuk mengantisipasi bila terjadi pohon tumbang yang bisa menimpa kendaraan. "Antisipasi kita akan kerja sama dengan temen-temen kewilayahan untuk mengurangi bebannya," tandasnya.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2005, tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3). Dan dalam salah satu poinnya dijelaskan, bagi warga yang membakar sampah di tempat yang membahayakan dikenakan denda Rp 1 juta. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,