Keracunan Formalin, 72 Siswa SMA Dilarikan ke Rumah Sakit

Keracunan Formalin, 72 Siswa SMA Dilarikan ke Rumah Sakit

Lhokseumawe - Sedikitnya 72 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Modal Bangsa Arun, Lhokseumawe, Aceh, mengalami keracunan makanan, Kamis (20/8/2015). Racun diduga berasal dari ikan yang mereka makan saat sarapan pagi di asrama sekolah itu.

Mereka pun segera dilarikan ke Rumah Sakit PT Arun, karena rata-rata mengalami muntah-muntah hingga sesak napas. Setelah mendapatkan pertolongan pertama, sebagian siswa diperbolehkan pulang, sedangkan sekitar 30 orang hingga siang masih dirawat.

Salah seorang siswa, Cut Riska mengatakan, awalnya para siswa mengalami gatal-gatal setelah menyantap sarapan pagi di asrama sekolah, lalu muntah-muntah. “Kami tinggal di asrama kelas I dan kelas II, makan juga disediakan di asrama. Tadi pagi kami makan ikan tongkol," kata siswa kelas I SMA Modal Bangsa Arun itu.

Sat ini berdasarkan dokter di rumah sakit, kondisi para siswa sudah mulai membaik. “Secara umum kondisinya sudah bagus, sudah kami tangani,” kata dr. Rijalul Fikri.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe melalui Kapolsek Kecamatan Muara Satu AKP M Nasir mengatakan, dugaan keracunan disebabkan oleh kandungan formalin yang dimakan siswa. Namun pihaknya masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Lhokseumawe Rusli meminta orangtua siswa tidak khawatir. “Kita harap para orangtua tidak khawatir. Kita serahkan semua sama dokter dan pihak sekolah. Semuanya akan baik-baik saja,” katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,