100 Titik Api Kepung 390 Ha Hutan di Washington

100 Titik Api Kepung 390 Ha Hutan di Washington

100 Titik Api Kepung 390 Ha Hutan di Washington

Washington - Hutan di negara bagian Washington, Amerika Serikat dilanda kebakaran besar, di mana titik api dilaporkan mencapai lebih dari 100 titik di seluruh negara bagian tersebut. Atas kejadian itu, sedikitnya tiga petugas pemadam kebakaran tewas.
 
"Saya bisa katakan, ini merupakan bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara kita," kata Gubernur Washington Jay Inslee. "Sedikitnya ada 390.000 hektar lahan hutan yang terbakar. Tahun lalu paling buruk hanya 250.000 hektar yang terbakar," katanya.
 
Seperti dilaporkan CNN, Jumat (21/8/2015) dalam kejadian itu lebih dari 3.000 personel pemadam kebakaran, 26 pesawat, dan peralatan udara lainnya dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut. Setidaknya  ada110 gedung telah terbakar.
 
Menurut Inslee, pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang membantu untuk memerangi kebakaran itu sehingga tidak menjadi bencana nasional. "Kami telah kehilangan 3 petugas pemadam kebakaran terbaik kami," kata juru bicara Mike Williams dari Departemen Kehutanan AS. "Hati dan doa kami bersama keluarga dan para petugas pemadam kebakaran."
 
Sementara itu, 4 petugas pemadam kebakaran lainnya mengalami luka-luka dalam kebakaran di dekat Desa Twisp. Namun, hanya seorang petugas dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka bakar sekitar 60 persen dan dalam kondisi kritis. 
 
Sementara itu, Dinas Cuaca Nasional memperkirakan angin kuat dan bahaya kebakaran ekstrem itu akan terjadi hingga hari Jumat ini. "Kami mengantisipasi cuaca api hari ini akan menjadi lebih buruk dari kemarin," kata komandan pemadam kebakaran Chris Schulte.
 
"Oleh karena itu, kita harus menahan laju penyebaran," tegasnya. Untuk itu, evakuasi warga komunitas Okanogan County segera dilakukan, mengingat cepatnya api menyambar. "Badai neraka ada di sini," kata Sherif Frank Rogers. "Api berpacu dan angin bertiup ke segala arah, dan kemudian mereka akan bergeser."
 
Sejak Rabu 19 Agustus lalu setidaknya ada 11 lokasin hutan yang terbakar. Tiga dari lokasi kebakaran itu termasuk 2 yang terbesar, terbakar di Okanogan County. Kebakaran hutan telah menghancurkan sedikitnya 50 rumah dan 60 bangunan lainnya di negara bagian ini pada 2015.
 
Washington menyatakan, bencana pada tingkat nasional pada Juni 2015 dalam mengantisipasi kebakaran musim panas yang kering. Negara bagian ini memobilisasi lebih dari 300 personel Garda Nasional untuk membantu petugas pemadam kebakaran. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,