Gol Benteke Seharusnya Offside?

Gol Benteke Seharusnya Offside?

London  - Gol yang dicetak penyerang Liverpool Christian Benteke ke gawang Bournemouth Senin silam semestinya dianulir karena offside, demikian diakui Liga Utama Inggris pada Jumat (21/8/2015).

Benteke menyambar umpan silang dari Jordan Henderson pada menit ke-26 pada pertandingan di Anfield, dan gol itu disahkan meski rekan setimnya Philippe Coutinho berusaha menyentuh bola saat berada dalam posisi offside.

Pelatih Bournemouth Eddie Howe, yang timnya kalah dengan skor 0-1, mengkritik keputusan itu dan Liga Utama Inggris sekarang mengakui terkait panduan-panduan baru mengenai peraturan offside, gol itu semestinya dianulir.

"Liga Utama Inggris pada pekan ini menulis kepada klub-klub untuk mengklarifikasi interpretasi baru peraturan offside yang diputuskan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada musim panas ini," kata Liga Utama Inggris dalam pernyataan di situs resmi mereka. 

"Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) mengeluarkan panduan ini untuk menjernihkan semua kesalah pahaman yang muncul menyusul gol yang diberikan kepada Liverpool pada pertandingan Senin malam mereka melawan AFC Bournemouth." 

"Liga Utama Inggris tidak secara umum mengomentari keputusan-keputusan yang dibuat oleh ofisial-ofisial pertandingan. Bagaimanapun, dengan perubahan terkini terhadap interpretasi hukum offside dan fakta bahwa ini baru awal musim, liga merasa bahwa penting, pada kasus ini, untuk mempublikasikan kepada para penggemar dan para pemangku kepentingan." 

Menggunakan sepasang diagram, Liga Utama Inggris menjelaskan bahwa karena Coutinho melakukan "upaya terang-terangan untuk memainkan bola" dan "tindakan-tindakannya memberi dampak" kepada kiper Artur Boruc, "hasil yang diperkirakan" akan menjadi "tindakan offside."

Panduan-panduan baru yang diperkenalkan oleh IFAB menyatakan bahwa jika seorang pemain berada dalam posisi offside, melakukan upaya terang-terangan untuk memainkan bola ketika bola berada di dekatnya dan memberi dampak kepada lawan, ia akan dinyatakan offside. Sebelumnya, pemain harus melakukan kontak dengan bola untuk dapat dinyatakan mengintervensi permainan.

Berbicara setelah pertandingan, Howe berkata, "Itu adalah contoh terjelas mengenai peraturan baru yang akan Anda lihat. Itu offside yang jelas dan sedikit dan ia (Coutinho) jelas-jelas memberi dampak kepada kiper. Saya tidak berpikir itu sulit," demikian AFP.(Ode)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,