Kemdikbud Fasilitasi 'A Copy of My Mind' ke Festival Venice

Kemdikbud Fasilitasi 'A Copy of My Mind' ke Festival Venice

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menfasilitasi film "A Copy of My Mind" karya Joko Anwar untuk bersaing ke Festival Film Venice 2015 yang diselenggarakan 2-12 September.


"Pemberian fasilitas ini bertujuan untuk mendukung perfilman di Indonesia," kata Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Kacung Maridjan di Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Fasilitas yang diberikan berupa pemberian fasilitas keberangkat sebanyak enam sineas film ke festival tersebut. Selain itu, Kemdikbud juga turut membantu mempromosikan film tersebut."Tugas pemerintah yang paling pentung adalah mendukung dan memberikan fasilitas kepada insan perfilman," jelas dia.

Film ""A Copy of My Mind" bercerita mengenai seorang perempuan pekerja salon murah dan seorang laki-laki pembuat alih bahasa untuk DVD bajakan di Jakarta. Keduanya bertemu dan jatuh cinta, tapi sepasang orang biasa tersebut tidak sengaja harus berurusan dengan dunia politik yang mengancam hubungan mereka.

Film yang dibintangi Tara Basro, Chicco Jerikho, Ario Bayu, Maera Panigor itu juga masuk dalam Festival Film Toronto. 
Film itu bersaing di kategori "Orrizonti Competition". Film itu merupakan satu-satunya film yang mewakili Asia Tenggara dalam festival ke-72 itu. "Festival Film Venice merupakan festival film tertua di dunia dan dianggap sebagai festival film yang sangat bergengsi," jelas Kacung.

Sutradara film tersebut, Joko Anwar, mengatakan pihaknya ingin film tersebut menjadi kapsul waktu di Jakarta. "Jadi nanti kita bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, kapan saja kita mau melihat ke belakang," kata Joko. Film "A Copy of My Mind" direncanakan tayang pada Februari 2016.(Ode)**

.

Categories:Film,
Tags:,