Pria Prancis Tundukkan Pria Bersenjata Penyerang di KA

Pria Prancis Tundukkan Pria Bersenjata Penyerang di KA

Paris - Seorang pria Prancis penumpang kereta jurusan Amsterdam-Prancis adalah orang pertama yang menundukkan penyerang di kereta itu, kata Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve, Sabtu (22/8/2015).

"Penumpang itu berniat ke kamar kecil di kereta nomor 12, ketika berhadapan dengan seseorang yang memanggul senjata jenis kalashnikov di bahunya, kata Cazeneuve kepada wartawan.

"Dengan keteguhan hati, ia berusaha menundukkan pria itu saat penyerang melepas serangkaian tembakan," tambahnya.

"Pria bersenjata itu kemudian ditundukkan oleh dua petugas berkewarganegaraan Amerika yang sedang tidak berdinas, yang kemudian berhasil membuatnya tersudut di lantai kereta. Petugas lalu merebut senjatanya." Cazeneuve membenarkan bahwa salah seorang petugas AS itu terluka akibat pertarungan tersebut sedangkan seorang warga AS keturunan Afrika mengalami luka tembak di tempat duduknya.

"Untungnya mereka tidak kritis," kata menteri.

Cazaneuve memuji penumpang warga Prancis dan warga AS atas sikap mereka yang berani dan teguh.

Ia mengatakan bahwa tersangka yang kini sedang diperiksa di dekat Paris diduga adalah pria asal Maroko berumur 26 tahun yang tinggal di Spanyol dan ditengarai sebagai anggota kelompok gerakan agama, seperti isyarat yang disampaikan oleh pihak berwenang Spanyol kepada intel Prancis. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,