Keunikan Gelaran 'Domba Catwalk' di Garut Curi Perhatian

Keunikan Gelaran 'Domba Catwalk' di Garut Curi Perhatian

Garut  - Pengen tahu ada domba Garut yang biasanya tampak gagah dan beringas, tiba-tiba angun dan cantik dengan pakaian yang modis? Ya, semua itu mewarnai suasana acara "Domba Catwalk" yang digelar di Garut, baru-baru ini.
 
Domba-domba itu tubuhnya sengaja dibungkus kain, pakai legging, kerudung, memakai ikat kepala ataupun kacamata. Bahkan, agar terlihat mengkilat, tanduk domba pun diberi minyak. Uniknya lagi, selama peragaan busana berl­angsung, tak terdengar satu pun suara domba yang mengeluh ataupun mengembik.
 
Domba yang didatangkan dari berbagai daerah di seputar Garut memakai busana cantik dan modis berjalan di atas catwalk, layaknya seorang model. Untuk itu, pergelaran Domba Catwalk ini mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat dan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
 
Selama ini domba Garut sangat terkenal karena kegagahannya dalam adu ketangkasan. Namun dalam event Domba Catwalk, domba-domba yang biasanya gagah terlihat anggun dan cantik dengan pakaian modis.
 
Perlombaan Domba Catwalk tersebut dinilai oleh panitia berdasarkan penampilan dan kondisi kesehatannya. Saat domba berjalan di atas catwalk yang beralaskan karpet merah, para pemilik menggiringnya sambil ikut menari mengikuti alunan gamelan. Tak ketinggalan, umbrela girl yang biasa kita lihat di arena balap, ikut tampil di arena festival peragaan busana terunik ini.
 
Adapun festival Domba Catwalk itu sendiri digagas oleh Deni Rinjani, warga Kampung Panyingkiran, Kecamatan Karangpawitan Garut yang berprofesi sebagai wartawan di wilayah Kabupaten Garut. Ide nyeleneh ini pertamakali digelar tahun 2009, dengan tujuan mengenalkan seni keunikan domba khas Garut dari sisi berbusana.
 
Munculnya gagasan Domba Catwalk terilhami dari sebagian besar masyarakat Garut yang kurang menyukai adu ketangkasan domba. Dari ide nyeleneh itulah, tahun 2013 Kabupaten Garut tercatat dalam piagam penghargaan MURI sebagai “Peragaan Busana Domba Terbanyak”  yang menampilkan lebih dari 200 ekor domba berbusana cantik dan modis.
 
Sejak pertamakali digelar, Domba Catwalk langsung mencuri perhatian semua pecinta domba di seluruh wilayah Jawa Barat, DKI, Banten, dan daerah lain di pulau Jawa. Sebab gelaran itu berhasil menyedot perhatian publik, kemudian Domba Catwalk menjadi salah satu kegiatan yang rutin digelar hingga tahun 2015.
 
Domba Catwalk biasanya digelar pada Februari sebagai rangkaian acara memeriahkan hari jadi Garut. Pergelaran Domba Catwalk merupakah aset pariwisata Kabupaten Garut, yang mampu memberikan hiburan tontonan alternatif seni dan budaya. Selain bertujuan mengenalkan seni keunikan domba khas Garut dari sisi berbusana, juga sebagai upaya melestarikan domba Garut dan mempromosikan objek wisata Kabupaten Garut. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,