Google Bangun Kembali Data Center Baru di Irlandia

Google Bangun Kembali Data Center Baru di Irlandia

Dublin  -  Raksasa internet, Google Inc. segera menambah jumlah data centernya di Irlandia, yang telah memasuki tahapan membangun konstruksi data center di Dublin Barat, tepatnya di Profile Park.
 
Dilansir Silicon Republic, Ronan Harris, Head of Google Irlandia menyebutkan fasilitas ini akan menjadi data center kedua Google yang berlokasi di Dublin. Lokasi pembangunannya bersebelahan dengan data center existing yang telah beroperasi sejak 2012.

Demi berdampingan dengan data center existing, Google telah membeli lahan seluas 31 hektar di Profile Park. Tampaknya itupun sengaja menempatkan lokasi data center berdampingan, karena di masa mendatang penambahan data center akan menjadi sebuah kewajiban.

Proyek tersebut, Google akan mempekerjakan 400 orang untuk menyelesaikan konstruksi tahap awal yang ditargetkan bisa rampung pada tahun ini. Google menggunakan energi termutakhir agar efisien. Dengan demikian, data center terbaru itu akan menjadi data center dengan tenaga paling efisien di dunia sebab memakai tenaga udara tingkat lanjut, dan sistem pendingin untuk menjaga komputer berjalan lancar.

"Dengan tenaga efisien, Google akan mampu untuk mengurangi energi secara signifikan. Terutama untuk mempertahankan status perusahaan kami yang tercatat sebagai perusahaan netral karbon (carbon-neutral company)," katanya.

Pembangunan data center Google keluar beberapa bulan sebelumnya Apple mengumumkan rencana untuk membangun data center senilai € 850 juta di Athenry, Galway, yang akan ditenagai dengan energi terbarukan. Data center di Dublin nantinya akan terintegrasi dengan platform inti Google, termasuk YouTube, Google Maps, dan Gmail. "Setiap harinya jutaan orang di dunia mencari informasi, produk, atau layanan di Google," tambahnya. 

Sebelumnya, setelah diusut Google mengungkap, sekitar lima persen dari data yang berada di zona Google Compute Engine, platform cloud computing Google hilang dan tak bisa dikembalikan lagi. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,