Jamaah yang Sehat Disarankan Pakai Masker Basah

Jamaah yang Sehat Disarankan Pakai Masker Basah

Mekkah - Jamaah haji yang masuk kategori sehat atau mandiri disarankan untuk memakai masker yang selalu dibasahi untuk mencegah dehidrasi dan penyakit pernafasan di tengah cuaca terik dengan kelembaban rendah selama berada di tanah suci.


"Untuk pencegahan, jamaah yang masuk kategori mandiri tanpa faktor risiko, lebih baik memakai masker yang selalu dibasahi," kata dokter spesialis paru Fitri Indah ketika ditemui di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (23/8/2015).

Hal itu, kata dia, penting untuk menjaga kelembaban di tengah terpaan udara panas di Arab Saudi khususnya Mekkah dan Madinah, yang dalam beberapa hari ini suhunya mencapai di atas 40 derajat celcius.

Bahkan diperkirakan suhu udara di Mekkah bisa menempus angka 53 derajat celcius pada waktu wukuf di Arafah.

"Untuk jamaah yang mempunyai faktor risiko penyakit pernafasan sebelumnya, seperti asma dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) sebaiknya tetap menggunakan obat-obat pengontrol yang rutin digunakan di tanah air," ujar dokter spesialis di RS Soedarsono Pasuruan itu.

Ia juga mengingatkan agar jamaah banyak minum untuk mencegah dehidrasi. "Risiko dehidrasi sangat tinggi, dalam kondisi panas seperti saat ini," ujarnya.

Apalagi, lanjut Fitri, jamaah Indonesia mayoritas berusia lanjut (lansia) dan memiliki penyakit dasar sebelum ke tanah suci, sehingga perlu diimbau untuk banyak mengkonsumsi air agar terhindar dari dehidrasi dan stroke akibat udara panas yang menyengat.(Ode)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,