Basarah, "KIH Punya Hak Ambil Sikap Politik"

Basarah,

Politisi PDIP Ahmad Basarah (kedua kanan) berbicara bersama Politisi PAN Yandri Susanto (kedua kiri), Direktur Eksekuti

Jakarta - Fraksi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang diisi oleh 247 anggota DPR yang jika dikonversikan memperoleh sekitar 60 juta suara pemilih, memiliki hak dan kewenangan secara konstitusional untuk mengambil sikap politik. 

"Agenda (sidang) paripurna besok adalah pernyataan mosi tidak percaya kepada pimpinan DPR, dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan dan penetapan anggota komisi serta alat kelengkapan Dewan," kata Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Ahmad Basarah di Gedung DPR Senayan Jakarta, Kamis (30/10/2014). 
 
Ia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan surat kepada Sekretariat Jenderal DPR terkait digelarnya sidang paripurna tandingan. Dijadwalkan, sidang paripurna digelar, Jumat (31/10/2014) hari ini, di ruang sidang paripurna DPR dengan mengundang anggota DPR dari semua fraksi.

Basarah berharap, Setjen DPR bersikap netral dengan membantu memfasilitasi sidang paripurna tersebut. Pasalnya, anggota fraksi KIH merupakan anggota DPR yang sah, dan Setjen DPR dilarang terlibat atau berpihak kepada satu kelompok tertentu. 

Ketua Mahkamah Agung, lanjutnya bakal diundang dalam sidang paripurna tandingan untuk melantik pimpinan DPR terpilih. Jika tidak hadir, fraksi KIH menyiapkan langkah hukum dengan bantuan notaris untuk mencatat berita acara sidang paripurna. 

"Ini bukan unjuk kekuatan. Ini ikhtiar politik untuk gotong royong. Pesan moralnya adalah agar para ketua umum partai Koalisi Merah Putih (KMP) menjadikan momentum ini untuk mengendorkan urat saraf politik kita," kata Basarah. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:politik,