Rina Nose: Hidung Pembawa Berkah

Rina Nose: Hidung Pembawa Berkah

Kalau kita bertanya, siapa presenter wanita yang lagi naik daun saat ini? Jawabannya hanya satu nama, Rina Nose. Kenapa? Karena hanya Rina lah pembawa acara yang saat ini mampu menyita perhatian jutaan pemirsa televisi. Jika sudah bertugas sebagai pembawa acara, bisa berjam-jam mengikutinya tanpa lelah. Padahal dia  cukup lama tampil dari sore hingga larut malam membawakan acara hiburan di Indosiar ataupun di stasiun lain.

Ketika masih musim Akademy satu dan dua digelar Indosiar, Rina Nose satu-satunya presenter wanita di antara tiga pria. Pria itu adalah Ramzi, Irfan Hakim, dan Andhika Pratama.

Malam dia bertugas, pagi-pagi pun sudah berkicau diacara Inbox nya SCTV.  Saat itu CikalNews.com ikut datang meliput ke Bogor,  lokasi InBox saat Pengumuman Nominasi Festival Film Bandung 2015 digelar pertengahan (11) Agustus 2015 lalu. Rina Nose ikut memandu acara.

Sosoknya menarik, enggak cantik-cantik amat sih, tetapi humorisnya mampu membuat pemirsa terpingkal-pingkal jika sudah memainkan jurus-jurus lawakannya. Sementara ekspresinya kadang masih biasa-biasa saja, tetapi orang lain sudah tertawa. Ini menandakan Rina Nose berhasil menghidupkan suasana. Itu kembali dibutkikan ketika menjadi Master of Ceremony di acara GaSS (Gabungan Artis Seniman Sunda) di Sasana Budaya Ganesha Bandung  yang dipimpin Armand Maulana dan Melly Goeslaw.

Mengenal Rina Nose memang akan pangling dengan penggalan nama  belakangnya ini, Nose ( yang artinya hidung dalam bahasa Inggris). Ya secara fisik, hidung rina tak mancung, karena itu dia sering diledek pesek oleh rekan-rekannya di pentas. Rina tak pernah marah, tetapi dia selalu tiba-tiba melindungi hidungnya dengan cara memegangnya erat-erat seakan enggan lepas. Sampai kapan pun, Rina pernah sesumbar tidak akan operasi hidung agar mancung. Karena dia yakin, berkat pemberian Tuhan inilah makanya dia bisa seperti sekarang.

Ketika masih di Bandung, Rina dikenal dengan nama Rina Jurnal, atau Rina Sinden, atau Rina API  karena dia pernah mengikuti lomba lawak yang degelar MNC TV.

Grup lawaknya di Bandung  mengibarkan nama Jurnal Grup, jadilah namanya Rina Jurnal. Secara pribadi,  saya (CikalNews.com) mengenal Rina saat masih menggunakan nama lengkapnya Rina Permata Putri. Ketika itu saya masih di sebuah media berpengaruh di Jawa Barat. Disanalah bibit-bibit Rina Nose menggayut dan mampu memberi nilai tambah pada dirinya. Kemampuannya menarik massa dengan gaya dan celetukannya luar biasa cemerlang.

Rina ditahun 2001 mengikuti Pemilihan Wajah Gaya Galamedia yang dikenal dengan PWGG. Saat itu Rina mampu memenangkan sebagai juara ke-3.

“Di banyak lomba, inilah lomba yang pertama kali saya ikuti karena menjadi model, padahal aku enggak cantik, hidung aku aja pesek, salah kali jurinya milih aku,” kelakar Rina kala itu. Padahal jurinya gak main-main,  salah satunya adalah kini menantu mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) yakni Annisa Pohan. Tetapi itulah jalan hidup seseorang. Rima lambat tetapi pasti, mampu duduk di singgah sana pelawak wanita yang sedang bernar. Dia juga otomatis menjadi host paling popular saat ini.

“Ah sok kitu nyak ka urang teh, enggak ini karena Allah, saya bisa sampai seperti sekarang mungkin karena kesempatan itu tepat datang pada diri saya, padahal tahu sendiri kan bagaimana saya jatuh bangun untuk mendapatkan semua ini, enggak ngoyo juga, biasa we, kalau kemudian saya seperti sekarang, alhamdulilah ini karena doa mama, dialah yang paling setia dalam hidup saya, menemani saat bahagia dan saat muram,” ujar Rina dengan mata meyakinkan pada CikalNews.com saat menemuinya di bawah panggung InBox SCTV, belum lama ini.

Baru akan melanjutkan, wanita gesit ini sudah menghilang naik panggung, karena kembali akan bertugas. Keseceriaannya, kemampuannya mengolah kata dan mendapat stimulus dari lawan pembawa acara, mudah dan cepat sekali Rina merspon setiap kalimat. Sehingga dia bisa membuat orang banyak ikut tertawa, mentertawakan celetukannya.

Saat menjadi MC di acara GaSS di Sabuga Bandung, baru-baru ini pun, CikalNews.com kembali menemuinya. Mengenakan baju warna hijau muda, dengan sebatas di atas lutut, rambutnya yang sebenarnya tidak terlalu tebal dibiarkan terurai lepas. Khasnya adalah membiarkan anak-anak rambutnya jatuh ke dahi sehingga membentuk poni.

“Waduh, ketemu di sini, sok mau nanya naon deui, pek diladenan ku sayah,” rangkul Rina Nose dengan akrab. Itu pun berlaku juga dengan bebebrapa penyanyi asal Jawa Barat, seperti Nicky Astri, Iis Dahlia, Syahrini, dan lainnya, akrab tanpa sekat.

Jiwa keterbukaannya inilah memjadikan Rina Nose mudah berada di berbagai level kehidupan. Dia mengakui setelah lomba lawak di TPI (sekarang MNCTV), Rina memutuskan untuk hijrah ke Jakarta. Dipikirannya, Jakarta akan mampu meraih segalanya. Fasilitas, event, dan segudang kesempatan membangun karier mbisa terfasilitasi. Keputusannya pun ternyata benar.

“Bisa sih kalau dari Bandung juga, hanya memang akan capek, bolak baliknya, 4 jam dari Bandung ke Jakarta, itu memang memerlukan energy, dari pada kecapean, malah sakit, uang yang kita cari juga bisa menguap, akhirnya memutuskan untuk pindah ke Jakarta,” kata Rina suatu hari.

Keputusannya pun tepat. Tetapi meski dia sudah di Jakarta, Rina tak  pernah melupakan Bandung, dalam sebulan dia pasti pulang ke Bandung, ini bukan lantaran ada suaminya tinggal di Bandung, tetapi kedua orangtuanya  Tatang dan Ibu Tatang  masih berdomisili di Kota Bandung. Terutama kala itu, Rina memiliki saudara kembar bernama Krisna. Kadang dia rindu dengan saudara kembarnya Krisna. Itu sebabnya dia selalu ingin pulang ke Bandung.

 

“Kalau sekarang, bisa lama pulang, karena aku diikat oleh acara yang haruys dibawakan setiap hari, kadang setiap malam, jadi enggak bisa ninggalin Jakarta, alhamdulilah sekarang bisa kabur sebentar ke Bandung, itupun ini demi GaSS lho, perkumpulan artis Sunda di Jakarta yang punya komitmen membantu seniman Sunda dan lainnya, jika memang perlu dibantu, makanya ini kerja sosial yang perlu di dukung, teu dibayar ge hayu,” kata Rina yakin.

Dalam kehidupan pribadinya, Rina pernah menikah untuk pertama kalinya di tahun 2012. Tetapi pernikahan itu tak lama akhirnya berujung perceraian. Dia pun mencari sosok pria yang diharapkan mampu menjadi imam baginya, menikahlah dia dengan Ridwan Federani Anwar di Bali. Pria ini pernah diperkenalkan dengan saya. “Kumaha kasep teu?” kata Rina beberapa tahun silam.

Tetapi ketika bertemu Rina pertengahan tahun 2013, Rina pernah mengaku kalau bersama Ridwan,  dia sudah pisah lagi. “Atuh risiko ya, urang indit-inditan wae sesuai tuntutan pekerjaan, sementara dianya maunya aku di rumah aja, atuh enggak akan klop ya, sugan we nanti ada pria yang cocok ya, pidoana we,” kata Rina polos.

Sampai pada akhirnya, melalui beberapa tayangan infotainment Rina, alumnus STSI ini diberitakan dekat dengan penyanyi mantan suami Dewi Perssik, Saipul Jamil. Tetapi lambat-lambat akhirnya hubungan itu terurai lagi. Dan secara setingan saat mengendalikan acara Akademy2 Rina dihubung-hubungkan dengan Fahmi, pria berdarah Arba, kakak kandung dari penyanyi Reza Bandung jebolan akademy2. Tetapi pria itu kata Rina, tidak ada hubungan secara pribadi hanya untuk kepentingan tayangan agar memiliki greget.

“ Aku selalu berdoa, semoga suatu saat nanti, diberi kepercayaan utnuk bertemu seseorang yang benar-benar bisa menerima Rina apa adanya, tampa ada emebel-embel kalau aku ini artislah, apalah, siapapun dia, aku butuh yang bertanggung jawab dan kami tentu saling respek, saling menghormati satu sama lainnya dan mencintai juga keluarga besar saya di Bandung, eta nu penting mah,” simpul Rina.

Perempuan ramah, someah, ceriah dan entah apa lagi yang pantas buat Rina. Wanita asal Bandung ini memang sedang memainkan kartu truf dipentas hiburan Indonesia. Rina Nose memang gara-gara Nose (hidung), ya hidungnya pembawa berkah.(Ode)**   

 

Data Pribadi:

Nama Lengkap         : Nurina Permata Putri

Nama Populer          : Rina Nose

Tempat tanggal lahir : Bandung, 16 Januari 1984 (31)

Pekerjaan   : Presenter, pelawak, penyanyi

Tahun aktif : 2005-sekarang

Nama ayah : Tatang Sulaiman

Nama Ibu: Ellisa Herliani

Agama      :Islam

Akun Twitter: Rina_Nose

Pendidikan – SMA Pasundan 2 Bandung (1998-2001)

                    -STSI

Prestasi

  • Maju Mundur Cantik  (2014)

Acara Televisi

.

Categories:Sosok,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait