Pengembangan IoT di Indonesia Sangat Potensial

Pengembangan IoT di Indonesia Sangat Potensial

Jakarta - Berkat perkembangan teknologi berbagai tren telah muncul, seperti tentang Internet of Things (IoT) dan Machine to Machine (M2M). Ke depan kedua tren tersebut akan menjadi bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku usaha.

Bagi para pebisnis IoT dan M2M berkumpul dan membahas peluang serta tantangan mengenai tren itu di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Perhelatan ini bertajuk 'Asia IoT Business Platform'. Menurut International Data Corporation (IDC), IoT di Asia Pasifik (tidak termasuk Jepang) diproyeksikan bertambah dari 3,1 miliar perangkat menjadi 8,6 miliar perangkat. Lalu pertumbuhan pasar dari 250 miliar doalr AS menjadi 583 miliar dolar AS pada kurun 2015-2020.

Dengan jumlah populasi lebih dari 620 juta jiwa disertai pertumbuhan jumlah konsumen, perbaikan infrastruktur komunikasi dan padatnya penduduk, maka Asia Tenggara akan memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan tren teknologi itu. Indonesia akan menjadi pemeran utama dalam pertumbuhan terbesar di Asia Tenggara, dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia.

"Indonesia menawarkan peluang luar biasa dalam hal skala dan penggunaan solusi IoT dan M2M, dengan memanfaatkan teknologi lewat perusahaan besar dan pengambilan kebijakan, memimpin transformasi di seluruh ASEAN," kata Direktur Pelaksana Asia IoT Business Platform, Zaf Coelho di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Disebutkan, Asia IoT Business Platform akan memperlihatkan nilai dan dampak ekonomi dari solusi tren teknologi itu. Termasuk meningkatkan produktivitas perusahaan swasta dan publik yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan jaringan untuk meringankan masalah di kota besar.

"Ini sebuah platform di mana para pengambil keputusan atau pemimpin teknologi terkemuka di Asia Tenggara bertemu dan bertukar pikiran. Hal itu untuk mendorong dan membangun solusi teknologi pintar dalam meringankan tantangan bisnis dan masalah sosial, dengan memberikan dampak nyata pada produktivitas dan pertumbuhan teknologi di ASEAN," tegas Zaf. (Jr.)

.

Categories:Infotech,
Tags:,