Penantian 34 Tahun Penjaga Musala untuk Naik Haji

Penantian 34 Tahun Penjaga Musala untuk Naik Haji

Palembang- Jutaan umat muslim di seluruh dunia mungkin mempunyai mimpi yang sama seperti diinginkan Syamsuri Sigra menjadi tamu Allah menunaikan rukun Islam kelima.

Syamsuri Sigra tak menyangka akan berangkat haji di tahun ini.

"Selama 34 tahun lebih penantian dari hasil tabungan yang dikumpulkan sejak tahun 1980, akhirnya tahun 2015 ini saya berangkat ke tanah suci Mekkah," kata Syamsuri Sigra (80), salah satu calon jamaah haji asal Sumatera Selatan di Palembang, Rabu (26/8/2015).

Menurut penjaga Mushallah Nurul Yakin di Jalan H Fasih Umar Kelurahan 1 Ulu Palembang ini, ia tak menyangka akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah menunaikan rukun Islam kelima setelah lebih dari 34 tahun mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga akhirnya berangkat haji tahun ini.

Ia mengaku, di usianya yang ke-80 tahun ini tak banyak dilakukan sejak berhenti bekerja di tahun 1980-an sebagai seorang tekhnisi, dimana keseharian dihabiskan dengan mengurus Mushallah di dekat rumahnya.

Memimpin peribadatan di Mushallah tersebut seraya berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar selalu diberikan kesehatan untuk dapat melaksanakan ibadah sebelum akhir hayatnya.

"Kini penantian panjang lebih dari 34 tahun itu diwujudkan pada musim haji tahun ini, saya akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji melalui kelompok terbang (kloter) pertama pada 27 Agustus dari embarkasi bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju tanah suci Mekah," katanya.

Menurut dia, memang pada tahun 1950 saat usia remaja sudah ada niat jika ada rezeki mulai menabung sejak selesai mendidik anak-anak ketika masih bekerja sebagai tekhnisi, hingga akhirnya uang terkumpul cukup untuk syarat berangkat haji.

Sejumlah tetangganya antara lain Samsul (61), mengomentari bahwa Syamsuri adalah sosok contoh dan teladan dari sekian juta umat muslim di tengah kesederhanaan dan kesulitan ekonomi keluarga, masih mampu menyisihkan uang belanja sehari-hari ditabung untuk mewujudkan cita-cita berangkat haji.

Sementara informasi dari Kasubag Humas Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Saefudin di Palembang, Selasa (25/8) bahwa Syamsuri Sigra adalah salah satu dari total 4.947 orang jamaah calon haji asal Sumatera Selatan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah yang dibagi dalam 14 kelompok terbang melalui embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Sebelum berangkat jamaah calon haji tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan. (AY)

.

Categories:Unik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait