Pedagang Warungan Ikuti Pelatihan Produk Eceran

Pedagang Warungan Ikuti Pelatihan Produk Eceran

Bandung - Puluhan pedagang warung kecil dan menengah mengikuti pelatihan manajemen penjualan produk eceran secara modern yang diselenggarakan PT Alfamart di rumah serbaguna Albi Kabupaten Garut, Kamis (27/8/2015).

Branch Manager Alfamart Bandung Suryo Nugroho mengatakan pelatihan melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut merupakan agenda rutin sebagai bentuk kepedulian Alfamart untuk memajukan warung tradisional di sekitar toko Alfamart.

"Tujuannya mengajak para pelaku UMKM khususnya yang memiliki usaha ritel agar lebih memahami manajemen ritel modern," kata Suryo.

Ia menuturkan pelatihan di Garut itu merupakan yang kesekian kalinya digelar dengan peserta atau pedagang dari sekitar toko Alfamart.

Ia berharap, pelatihan tersebut dapat memberikan dampak manfaat dan keuntungan bagi warga pedagang dalam menjalankan usaha penjualan produk eceran.

"Ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan dan bersinergi," katanya.

Ia menjelaskan, upaya menjalin sinergi Alfamart dengan pedagang tradisional melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA) yaitu pedagang mendapat fasilitas layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus.

Selain itu, lanjut dia, program bedah warung bagi anggota Alfamart terpilih yaitu program mempercantik tampilan fisik warung tradisional, bagian dalam dan luuar serta penempatan produk yang dijualnya.

"Tujuannya agar pembeli yang datang semakin ramai dan nyaman saat berbelanja," katanya.

Seorang peserta pelatihan atau penjual Yeye mengatakan, kegiatan tersebut telah menambah wawasan pengetahuan tata cara berjualan yang baik dan dapat memberikan keuntungan.

"Saya jadi tahu cara menata barang yang benar yakni sesuai dengan jenisnya, termasuk cara membaca kode kadaluarsa juga diajarkan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,