Awas Banjir Lahar Gunung Sinabung

Awas Banjir Lahar Gunung Sinabung

Sejumlah warga berada di antara material lumpur lahar dingin di sungai Lau Borus Desa Gurkinayan, Payung, Karo, Sumut, Kamis (16/10). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan ke

Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan wilayah sekitar Gunung Sinabung di Sumatera Utara mulai diguyur hujan sehingga warga sebaiknya mewaspadai banjir lahar.

"Wilayah sekitar Gunung Sinabung saat ini sudah mulai masuk musim hujan, sehingga kami minta warga di lokasi itu untuk waspada luncuran lahar hujan," kata Sutopo, di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Ia mengatakan, luncuran lahar hujan akan membawa material gunung, dan total diperkirakan akan mencapai seratus juta meter kubik, selain itu potensi lahar panas masih sangat tinggi.

"Untuk erupsi dan awan panas masih berpotensi menimbulkan aliran lava, guguran lava pijar dan awan panas yang mengancam ke arah selatan dan tenggara sejauh 5 km," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat yang bermukim dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Selain itu, masyarakat juga diminta memakai masker bila keluar rumah serta mengamankan sarana air bersih dari jatuhan abu vulkanik sehingga tidak terkontaminasi.

"Masyarakat di sekitar wilayah Gunung Sinabung kami minta untuk membersihkan abu vulkanik dari atap rumah dan pekarangan setelah hujan turun," katanya.

Sutopo juga meminta agar masyarakat tenang dan tidak terpancing oleh isu tentang erupsi saat adanya hujan turun.

"Kami minta masyarakat agar senantiasa mengikuti arahan dari Pemerintah Kabupaten Karo yang senantiasa mendapat laporan tentang aktivitas Gunung Sinabung," katanya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,