Cianjur Anggarkan Rp 70 Miliar untuk Pilkada

Cianjur Anggarkan Rp 70 Miliar untuk Pilkada

Cianjur - Pemerintah Kabupaten Cianjur menganggarkan Rp 70 miliar untuk Pilkada 2015, kata Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh di Cianjur, Kamis (27/8/2015).

Menurut bupati, dana tersebut terbagi untuk tiga sector, yaitu KPU, Panwaslu dan keamanan.

"Untuk KPU Cianjur sebagai penyelenggara dianggarkan Rp45 miliar, Panwaslu Cianjur Rp15 miliar dan sisanya untuk keamanan penyelenggaraan Pilkada Cianjur 2015," katanya.

Dia menuturkan, pihaknya telah menanggarkan dana tersebut di APBD 2015, namun ada kabar Pilbup 2016 diundur sampai tahun 2017 sehingga anggaran tersebut dicoret.

Namun, kata dia, pemerintah pusat memutuskan Pilkada Cianjur tahun 2015 sehingga harus ada dana yang dipangkas untuk penyelenggaraan dari APBD 2015.

"Kami terpaksa memangkas sejumlah dana yang telah ditetapkan dalam APBD karena dana untuk pilkada batal kami masukan dalam APBD. Salah satunya program bantuan Rp10 juta untuk RT. Di Cianjur tercatat 10.400 RT memerlukan dana Rp104 miliar untuk merealisasikan program tersebut," katanya.

Kepala Sub Bidang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Cianjur Budi Trisna mengatakan, pada termin pertama, belum semua RT mendapatkan dana bantuan tersebut. Dari 354 desa, 15 di antaranya belum menerima dana bantuan.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang dana RT melalui desa. Jadi disetorkan ke desa baru dicairkan melalui desa. Masih ada 15 desa yang belum, di antaranya Desa Cipanas, Pacet dan Cibeber. Dana ini masuk ke bantuan keuangan desa," katanya.

Berdasarkan ketentuan, kata dia, dana tersebut diperuntukan bagi bantuan modal, bantuan pendidikan, honor guru mengaji dan infrastruktur jalan setingkat RT.

Dana tersebut termasuk untuk insentif ketua RT dan RW. Setiap ketua RT mendapatkan insentif Rp1.320.000 per tahun, sedangkan ketua RW menerima Rp1.560.000.

Dengan adanya Pilkada 2015, kata dia, program untuk RT/RW kali ini tidak dapat dilakukan karena dana bantuan tersebut dialihkan untuk pembiayaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015.

Dari Rp10 juta per tahun yang dijanjikan, mereka hanya mendapatkan Rp2,5 juta. Dana bantuan tersebut merupakan program Pemkab Cianjur untuk pemberdayaan aparat di RT dan RW. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,