Puluhan Imigran Ditemukan Tewas dalam Truk di Austria

Puluhan Imigran Ditemukan Tewas dalam Truk di Austria

(AFP: Dieter Nagl)

Wina  - Polisi Austria menemukan lebih dari 50 mayat imigran yang membusuk dalam sebuah truk yang ditinggalkan. Penemuan mengerikan di dekat perbatasan Slowakia dan Hungaria itu terjadi, seiring 30 imigran tenggelam di kawasan Mediterrania.

Polisi Austria mengatakan kendaraan yang ditinggalkan di jalur darurat itu ditemukan, dengan "cairan mayat membusuk" menetes dari dalamnya. Ketika mereka membuka truk itu, tercium bau menyengat dan mayat-mayat itu saling bertumpuk, dijejalkan pada sebuah ruang persegi kecil dengan anggota tubuh saling membelit.

Dilansir AFP, Jumat (28/8/2015) petugas di lokasi tidak bisa menyebutkan jumlah pasti mayat-mayat itu, mengetahui jenis kelaminnya ataupun memastikan keberadaan anak-anak diantara mereka. Ada "setidaknya 20, namun bisa jadi 40 atau 50", kata jurubicara polisi Hans Peter Doskozil.

Truk itu memiliki tanda sebuah perusahaan peternakan Slowakia dan memiliki plat nomor Hungaria.  Informasi lebih rinci, termasuk jumlah mayat, diperkirakan baru bisa dipastikan, Jumat.

Kanselir Jerman Angela Merkel yang berada di Austria untuk melakukan pertemuan puncak dengan para pemimpin Balkan. terkait krisis tersebut mengatakan ia "terguncang" dengan berita "mengerikan" itu. "Ini peringatan bagi kita untuk menangani masalah imigran ini segera dan dengan semangat Eropa, yang berarti dalam semangat solidaritas, serta menemukan solusinya," kata Merkel.

"Hari ini adalah hari kelam. Tragedi ini sangat mempengaruhi kita," kata Menteri Dalam Negeri Austria Johanna Mikl-Leitner dalam jumpa pers. Mikl Leitner berjanji akan memburu orang yang mengantongi uang selangit untuk mengatur perjalanan para imigran ke Eropa, dan meninggalkan mereka di tengah jalan. "Penyelundup manusia adalah penjahat," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,