Lima Tewas dalam Bentrokan di Turki Tenggara

Lima Tewas dalam Bentrokan di Turki Tenggara

Istanbul -  Lima orang termasuk dua anak-anak dan seorang tentara, tewas dalam bentrokan antara petempur Kurdi dan pasukan keamanan di wilayah bergolak Turki Tenggara, Kamis.

Pertempuran meletus di Distrik Cizre, Provinsi Sirnak, itu terjadi ketika pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) menyerang pos militer dengan granat luncur, kata sumber keamanan.
 
Dilansir AFP, Jumat (28/8/2015) empat orang Kurdi, termasuk dua anak berusia tujuh dan 10 tahun, meninggal dunia karena luka tembak di rumah sakit. Menurut sumber, enam lainnya termasuk tiga tentara Turki terluka dalam pertempuran itu.

Dalam kejadian terpisah seorang tentara Turki tewas dan empat lainnya luka-luka ketika gerilyawan PKK menyerang pasukan keamanan, yang menjaga jalan raya antara Distrik Lice di Diyarbakir dan Provinsi Bingol di Turki Tenggara, militer mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pertempuran sengit juga berkecamuk antara tentara dan militan PKK di Distrik Yuksekova, Provinsi Hakkari, tempat pihak berwenang memberlakukan jam malam sebelummnya. Media pro-Kurdi melaporkan, beberapa warga tewas tapi laporan itu tidak bisa dipastikan secara mandiri.

PKK melakukan serangan harian terhadap angkatan bersenjata Turki ketika militer terus meningkatkan serangan udara, dan operasi terhadap posisi mereka di Turki Tenggara serta Irak Utara.

Menurut angka disiarkan pada Kamis oleh kantor berita negara, Anatolia, sebelum peristiwa terbaru itu terjadi, 918 petempur PKK tewas dalam berbagai serangan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,