DPRD Jabar Janji Pantau Warga Terdampak Waduk Jatigede

DPRD Jabar Janji Pantau Warga Terdampak Waduk Jatigede

Bandung – DPRD Jabar berjanji akan terus memantau dan mendampingi Pemkab Sumedang dalam menangani pendataan terdampak Jatigede. Termasuk untuk mencegah trauma warga saat proses pemindahan dan evakuasi.

Menurut Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Yomanius Untung, setelah proses penggenangan tahap awal, diprediksi akan ada desa yang akan menggemuk karena banyak warga yang menjadi korban penggenangan yang pindah  ke sana.

“Penggenangan akan dilakukan secara bertahap, akan ada 3 desa yang diairi, pasti sesudah itu akan ada desa sekitarnya yang tidak terkena dampak Waduk Jatigede, namun menjadi gemuk karena banyak warga yang pindah kesitu,” terang Untung dalam berdiskusi dengan warga korban terdampak Waduk Jatigede di Gedung DPRD Jabar, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (29/8/2015).

Untung menambahkan, program paska penggenangan seharusnya sudah detail dengan memikirkan dampak dan tanggap darurat.

“Pemerintah seharusnya lebih memikirkan dampak sesudah penggenangan, baik masalah sosial, psikologis, dan tanggap daruratnya. Tidak bisa semua warga diratakan untuk menjadi petani, peternak, perikanan, atau buruh, jadi perlu pendataan yang tepat,” tambahnya.

Untuk mengawasi dan mencegah adanya masalah saat proses penggenangan Waduk Jatigede, Senin (31/8/2015), mulai Minggu besok seluruh anggota DPRD Jabar Daerah Pemilihan Kabupaten Sumedang diharuskan melakukan sosialisasi dan turun langsung ke warga. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,