Api di Hutan Gunung Lawu Masih Berkobar

Api di Hutan Gunung Lawu Masih Berkobar

Karanganyar - Hingga saat ini kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu yang berawal dari Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur sejak Minggu 23 Agustus lalu, masih belum bisa dipadamkan.
 
Tim gabungan yang terdiri atas TNI, Polri, Perhutani, SAR, BPBD, Karanganyar. Emergency, Dimpa Unsa, hingga Rimba Lawu terus bahu-membahu untuk memadamkan kobaran api.
 
Lamanya api yang membakar hutan lereng Gunung Lawu ini, disebabkan api berada di dalam jurang yang cukup curam. Ditambah angin yang bertiup cukup kencang, membuat tim gabungan kesulitan untuk memadamkan.
 
Berdasarkan informasi dari anggota Karanganyar Emergency, Rifan Fernandi, relawan kembali diberangkatkan hari ini ke puncak untuk memadamkan api. Fokus pemadaman api dilakukan di KPH Lawu Utara di atas Candi Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.
 
Namun titik api terlalu besar, sehingga sebagian dari mereka terpaksa harus turun kambali karena api makin membesar dan arah angin sulit diprediksi.
 
Rifan menjelaskan, sisa api semula tinggal yang berada di sela-sela kayu untuk dipadamkan. Namun, tiupan angin api memiliki andil membuat api kembali membesar dan kembali mengarah ke wilayah Jawa Tengah, tepatnya di kawasan Tahura dan sudah masuk kawasan pos empat Tahura.
 
Untuk daerah yang berbukit, garis ilaran dibuat parit untuk mencegah api merembet, di mana kedalaman dan lebar dari parit bergantung pada kecuraman lereng. "Saat ini angin bertiup dari utara ke selatan. Jadi tim bergerak melawan arah angin," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,