Rupiah Terus Tersungkur Waspadai Ledakan Sosial

Rupiah Terus Tersungkur Waspadai Ledakan Sosial

Semarang -  Nilai tukar rupiah diperkirakan akan terus tersungkur hingga menembus Rp 16 ribu per dolar Amerika Serikat. Sejalan dengan itu, ada tanda-tanda bangunan ekonomi Indonesia menuju kebangkrutan.
 
"Kini saya mencermati struktur ekonomi kita mulai kolaps. Rupiah, kata sahibul hikayat, bisa tembus Rp 15 ribu sampai Rp16 ribu," kata pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat memberi sambutan di depan kader PAN se-Jawa Tengah, Semarang, Sabtu (29/8/2015).
 
Jika rupiah sampai Rp 16 ribu per dolar AS, bakal ada puluhan bank nasional yang gulung tikar. Apabila ini sampai terjadi, akan banyak perusahaan yang bakal mengalami nasib serupa. "Kalau ini terjadi Indonesia akan goyang. Akan terjadi social explosive (ledakan sosial)," kata Amien Rais.
 
Amien pun mencermati ada skenario global yang ingin ekonomi Asia Tenggara terutama Indonesia dan Malaysia ambruk. Hal itu setelah luluh-lantaknya Irak, Afganistan, Suriah, dan negara-negara lain di dunia islam. Namun, Indonesia bisa lolos dari kehancuran apabila memiliki bangunan politik yang solid.
 
"Setiap negara ada dua bangunan penting. Economy structure dan political structure. Ekonomi mulai goyah dan saya melihat national together juga jauh panggang dari api," tambah Amien Rais. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,