Enam Profesor Bahasa dari Jepang Hadir di Bandung

Enam Profesor Bahasa dari Jepang Hadir di Bandung

Bandung - Enam profesor bahasa dari perguruan tinggi di Jepang menghadiri Seminar Internasional Bahasa dan Budaya Jepang yang digelar Fakultas Bahasa Universitas Widyatama Kota Bandung.

"Keenam profesor itu hadir sebagai bentuk dukungan dan komitmen mereka untuk mendukung program bahasa dan budaya, diharapkan mahasiswa tidak ragu atau canggung menggunakan bahasa Jepang," kata Dekan Fakultas Bahasa Bachrudin Musthafa di Bandung, Minggu (30/8/2015).

Keenam profesor itu Nakayama Rokuro dari Universitas Sakushin Gakuin, Kimura Hajime, Universitas Toyo, Shingo Yamamoto, Universitas Shirayuri, Yoshiyuki Kimura, Universitas Keio, Susuma Yamada, Universitas the Sacred Heart dan Takuya Okimori dari Universitas Rikkyo.

Menurutnya melalui seminar internasional itu agar yang hadir seperti mahasiswa dari berbagai universitas, dosen, guru, pengajar les, praktisi Bahasa Jepang dan khususnya mahasiswa mendapatkan informasi yang benar-benar akurat dan mutakhir tentang bahasa dan budaya Jepang melalui profesor-profesor asal Jepang.

Hadirnya enam profesor tersebut hasil dari jaringan dengan dosen Fakultas Bahasa dan mereka datang ke Indonesia atas dasar ketertarikannya kepada Kampus Widyatama.

"Kami ingin membuktikan bahwa mahasiswa tidak ragu lagi dengan kemampuan dosen di Fakultas Bahasa dan kelebihan dari segi fasilitas silahkan dimanfaatkan untuk kemaslahatan bersama," katanya.

Ia mengatakan keuntungan lainnya dapat secara langsung mengoreksi tentang pengetahuan ke-Jepangan terutama secara bahasa dan budaya, sehingga tidak ada keraguan dalam mengajar.

"Harapan bagi yang hadir dapat merekonstruksi pemahaman tentang bahasa dan budaya Jepang dan kepada masyarakat, kami bukan hanya mengajarkan bahasa dan budayanya Jepang namun mengutamakan kemutakhiran dan keakuratan tentang Jepang secara mendalam," katanya.

Dengan menguasai banyak bahasa dapat meminimalisir kesalah pahaman yang berdampak terjadinya konflik dan lebih cepat memahami perkembangan dunia internasional.

Nakayama Rokuro, Kimura Hajime dan Shingo Yamamoto membahas diantaranya penelitian tentang tata bahasa Jepang yang penyebarannya diawali oleh kaum misionaris pada abad XVI, penelitian bahasa Jepang di wilayah Asia abad XIX. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,