4.891 Ha Kawasan Sekitar Jatigede akan Direhabilitasi

4.891 Ha Kawasan Sekitar Jatigede akan Direhabilitasi

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan kawasan di sekitar Waduk Jatigede yang memiliki luas 4.891,13 hektare akan direhabilitasi menjadi kawasan hijau.

"Kalau kita lihat sekarang, lahan sekitar waduk ini gundul, ke depan kita akan meneruskan rehabilitasi lahan kritis DAS Cimanuk secara keseluruhan," kata Ahmad Heryawan memberikan sambutan pada acara Pengisian Awal Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang, Senin (31/8/2015).

Ia mengatakan percepatan penyelesaian Waduk Jatigede tidak bisa dilepaskan dari skenario pola penanganan antara struktur dan bidang pemerintahan yang tergabung Satuan Admnistrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) penanganan dampak sosial dan lingkungan.

"Pola ini perlu diterapkan dalam berbagai proyek strategis yang masih memerlukan perjalanan panjang dalam pembangunannya," kata dia.

Menurut dia, sebagai bagian dari Samsat Waduk Jatgede, Pemprov Jabar terus berupaya menghadirkan terebosoan dalam rangka penyelesaian termasuk dampak sosial terhadap masyarakat.

"Hal ini ditandai dengan keluarnya Perpres Nomor 1 tahun 2015. Keberhasilan pola Samsat ini bisa menjadi 'rule model' bagi target pembangunan bendungan di Indonesia," kata dia.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk, Cisanggarung, Trisasongko Widianto menambahkan dalam perjalanannya banyak tantangan teknis dan non teknis seperti kondisi alam, geologis, dan sosial yang dihadapi oleh pemerintah dalam pembangunan waduk tersebut.

"Namun masalah sosial ini dapat diselesaikan dengan terbitnya Perpres Nomor 1 Tahun 2015," kata dia.

Pengisian awal Waduk Jatigede yang diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono ini menjadi langkah awal pemerintah dalam mengoptimalkan pemanfaatan waduk bagi kehidupan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,