7.500 Buruh Jabar Ancam Demo ke Istana Presiden

7.500 Buruh Jabar Ancam Demo ke Istana Presiden

Bandung - Sedikitnya 7.500 buruh asal Jawa Barat dipastikan akan memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Presiden di Jl. Medan Merdeka, Jakarta, terkait dengan demo besar-besaran yang akan digelar, Selasa (1/9/2015) besok.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu, akan bergabung dengan kaum buruh lainnya yang berkumpul di Jakarta. Mereka akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar sehingga terjadi aksi PHK massal, serta sejumlah persoalan lainnya yang menambah penderitaan kaum buruh.

Menurut Ketua DPD KSPSI Jawa Barat, Roy Jinto, Senin (31/8/2015), ada beberapa aspirasi yang akan disampaikan dalam aksi tersebut. Di antaranya perbaikan layanan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, iuran pensiunan tenaga kerja, dan penolakan terhadap surat edaran (SE) Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemenakertrans RI No: 204/PHIJSK/III/2015 tertanggal 12 Maret 2015.

 

Ia mengakui, selama ini kaum buruh selalu berada dalam tatanan pihak yang selalu dirugikan dengan munculnya berbagai kebijakan dari pemerintah. "Kita ingin pemerintah dan pihak-pihak terkait melakukan pengkajian dan perbaikan sehingga kaum buruh tidak dirugikan," tegas Roy. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,