ISSI Jabar Nyatakan Jalur Balap Sepeda PON Sudah Mulus

ISSI Jabar Nyatakan Jalur Balap Sepeda PON Sudah Mulus

Bandung - Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Barat menyatakan kondisi jalan di Kabupaten Garut sudah mulus dan layak untuk menjadi jalur balap sepeda Pra-PON XIX/Jabar.

"Rute jalannya sudah bagus, termasuk jalan rusak sepanjang tiga kilometer di jalur Kamojang sudah di-'hotmix'," kata Ketua Pengurus Provinsi ISSI Jabar Ato Hermanto kepada wartawan di Garut, Senin (31/8/2015).

Ia mengatakan, Kabupaten Garut terpilih menjadi tempat Pra-PON XIX/Jabar cabang olah raga balap sepeda di nomor "road race" dan "mountain bike" (MTB).

Ia menjelaskan, nomor "road race" akan menempuh jarak sejauh 80 kilometer mulai dari Pendopo Garut Kota kemudian kawasan Situ Bagendit-Limbangan-Tanjakan Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Samarang dan berakhir di Kamojang.

"Rute wanita ada bedanya yaitu saat di Leuwigoong dibelokkan ke kiri lalu langsung ke Leles, tidak lewat Nagreg, tapi tetap finishnya di Kamojang," kata Ketua KONI Garut itu.

Ato menambahkan, balap sepeda MTB dilaksanakan di kawasan Situ Cibeureum, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, sedangkan nomor BMX di Batu Korsi, Sumedang.

"Kegiatan Pra-PON di Jabar ini setidaknya akan diikuti para atlet dari 27 provinsi di Indonesia," katanya.

Pelaksanaan Pra-PON Balap Sepeda di Garut dimulai dengan nomor "road race' putra, 3 September 2015, kemudian putri 4 September 2015.

Ato menambahkan, persiapan Pra-PON Jabar Balap Sepeda itu cukup mendadak, karena agenda sebelumnya diselenggarakan di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Menurut dia, agenda olah raga sepeda di Garut dapat meramaikan kawasan pusat kota Garut terutama memberikan keuntungan bagi pelaku usaha.

"Ini akan menghibur dan menguntungkan bagi usaha kuliner, hotel, dan ekonomi masyarakat," katanya. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:,