Tiga Orang Tewas Saat Massa Bakar Rumah Menteri

Tiga Orang Tewas Saat Massa Bakar Rumah Menteri

Houses of Minister, MP, MLAs burnt in Manipur; curfew imposed in Churachandpur town

New Delhi -  Kerusuhan terjadi di Negara Bagian Manipur, India diwarnai dengan membakar rumah menteri, dan empat anggota parlemen India. Dalam peristiwa tersebut sedikitnya menewaskan tiga orang.
 
Rumah milik Menteri Kesehatan Manipur, Phungzatang Tonsing, beserta lima anggota parlemen Manipur dibakar massa. Akibatnya, lima orang mengalami luka-luka, dua di antaranya luka serius.
 
Diberitakan ndtv Selasa (1/9/2015) dari tiga korban jiwa, dua di antaranya meregang nyawa setelah ditembak polisi India, sedangkan satu orang lagi meninggal karena terbakar bersama rumahnya.
 
Kelompok yang melakukan kerusuhan tersebut menjadikan para anggota parlemen target. Pasalnya, para anggota parlemen tidak menolak tiga rancangan undang-undang yang baru saja dibuat.
 
Adapun penolakan utama dari kelompok itu karena rancangan undang-undang dapat memudahkan akses nonsuku pedalaman, yang awalnya tidak boleh masuk wilayah itu menjadi lebih mudah aksesnya. Kelompok seperti Suku Naga dan Suku Kuki memberikan alasan, warga pribumi khawatir akan kehilangan wilayahnya.
 
Menurut para pendemo, kebanyakan orang yang tinggal di daerah bukit, khususnya Suku Kuki, memiliki kedekatan dengan negara tetangga Myanmar dan tidak memiliki catatan kapan mereka menempat wilayah di Manipur. Sehingga bila undang-undang itu diluluskan, mereka dengan mudah dapat diusir dari wilayahnya.
 
Sementara itu, kekerasan pun sering terjadi di Manipur akibat rancangan undang-undang yang membuat warga pribumi berkeyakinan jika orang-orang nonpribumi masuk ke daerah tersebut, maka pekerjaan ataupun tempat tinggalnya akan diambil-alih. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,