TTPAS Nambo Dapat Alokasi Dana Rp 15 Miliar

TTPAS Nambo Dapat Alokasi Dana Rp 15 Miliar

Bandung - Pemerintah Provinsi Jabar mengalokasikan anggaran  Rp 15 miliar tahun 2015 untuk pembangunan Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, di Kabupaten Bogor, yang akan menampung sampah dari tiga wilayah yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Depok.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa, di Bandung, Selasa (1/9/2015), mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan jalan dan pematangan lahan, serta pengadaan dan pemasangan pagar di lokasi tersebut.

"Jadi untuk pembangunan jalan operasi dan pematangan lahan, dari APBD Rp 9,8 miliar, oleh Dinas Pemukiman dan Perumahan Jabar. Pengadaan dan pemasangan pagar lanjutan Rp 5 miliar lebih," kata Iwa.

Selain dari APBD Jabar, lanjut dia, tahun ini pembangunan TPPAS Nambo pun mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp86 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan sanitary landfill dan pembuatan instalasi pengolahan.

"Saat ini kami sedang melakukan tender untuk pengadaan teknologi gasifikasi. Sehingg sampah hasil olahan tersebut akan menjadi sumber listrik," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, hasil lainnya dari pengolahan sampah tersebut bisa menjadi bahan pembuatan semen. "Sehingga nantinya gasifikasi output-nya listrik. Tapi ada bahan-bahan yang bisa digunakan untuk pembakaran untuk proses pembuatan semen," kata Iwa.

TPPAS Nambo yang memiliki luas sekitar 55 hektare ini ditargetkan bisa beroperasi pada 2017 dan tendernya dicanangkan akan selesai tahun ini. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,