Arca Batu Akik Garut Miliki Artistik Tinggi

Arca Batu Akik Garut Miliki Artistik Tinggi

Bandung - Sekretaris Jenderal Yayasan Raja Sultan Nusantara Maskut Toyib menyatakan, arca batu akik dari Kabupaten Garut,  akan diperkenalkan melalui berbagai pameran karena memiliki nilai artistik tinggi.

"Kami akan perkenalkan seni batu akik ini pada dunia, di setiap kesempatan pameran," kata Maskut saat mengunjungi Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik Rumaos Janten Kwula (RJK) Kabupaten Garut, Selasa (1/9/2015).

Ia menuturkan, paguyuban tersebut telah menunjukan kehebatan batu alam akik yang dibentuk berbagai macam patung bernilai artistik tinggi.

Seniman Garut, kata dia, telah mampu menjadikan batu alam khas Garut seperti bacan dan berbagai jenis batu lainnya menjadi arca dengan berbagai ukuran dan ukiran yang rapi.

"Saya melihat batu seperti ini tidak kalah dengan di Thailand," kata Maskut yang juga menjabat sebagai Manajer Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Menurut dia, hasil karya seniman talenta khas Garut itu di antaranya patung batu akik domba dan naga yang tampilannya memiliki banyak nilai seni.

Bahkan, lanjut dia, seperti karya seni naga memiliki karakter yang kuat bahkan menjadi abadi sehingga tidak akan membuat rugi bagi yang mengoleksinya.

"Naga yang dibuat jauh lebih berkarakter dibandingkan di Tingkok. Kalau di Tiongkok seperti kerajinan biasa," katanya.

Ketua Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK Kabupaten Garut KRT Nurseno Utomo mengatakan, sengaja bongkahan batu akik yang diambil dari alam Garut dijadikan berbagai banyak jenis patung untuk mengenalkan keunggulan batu dan seni kepada dunia.

Ia menyampaikan, awal idenya membuat patung itu sebagai upaya agar batu akik khas Garut terus dikenal selain yang dibentuk cincin atau liontin.

"Dengan batu akik dimulai seperti ini dapat tercipta nama baik wilayah, masyarakat, pemerintah dan seluruh elemen di Garut agar batu akik di negeri ini tidak cepat redup, ada karya nyata," katanya.

Paguyuban tersebut telah berhasil membuat banyak arca seperti domba, garuda, naga, macan, dan berbagai jenis binatang lainnya mulai dari ukuran kecil sampai ukuran seberat 1 ton. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,