Bawaslu Jabar Buat Portal Internet

Bawaslu Jabar Buat Portal Internet

Bawaslu Jabar Buat Portal Internet

Bandung - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jabar merencanakan membuat website atau portal internal yang menampilkan berbagai informasi berita terkait kegiatan Bawaslu layaknya media massa online.

"Nanti kita susun dulu, modelnya seperti apa sehingga tidak hanya berupa website internal tetapi menjadi seperti media online umumnya," kata Ketua Bawaslu Jabar Herminus Koto dalam Diskusi Pengembangan Jurnalistik Media Center di kantor Bawaslu Jabar, Kota Bandung, Jumat malam (31/10/2014).

Ia menuturkan, website Bawaslu Jabar itu dapat menjadi media informasi tentang berbagai kegiatan Bawaslu untuk dapat diketahui publik secara luas.

Bentuk kerjanya, lanjut dia, dapat mengambil segala informasi tentang Bawaslu dari berita media lain di Jabar, atau dari pegawai internal Bawaslu maupun Panwaslu kota/kabupaten untuk melaporkan informasi di daerahnya masing-masing.

"Tidak menutup kemungkinan kami ambil tenaga dari luar untuk kita muat karyanya, atau juga dari Bawaslu kabupaten/kota, sehingga masyarakat bisa mengetahui apa yang kita kerjakan," kata Herminus Koto.

Ia mengungkapkan, rencana pembuatan website Bawaslu Jabar itu merupakan bagian persiapan Bawaslu menghadapi delapan pemilihan kepala daerah kota/kabupaten di Jabar.

"Pada 2015 di Jabar ada Pilkada, ya kita menunggu peraturannya, untuk sekarang dengan langkah awal sosialisasi dan menginformasikan tentang pendidikan politiknya," kata Herminus.

Salah satu pemateri dalam diskusi tersebut, Redaktur Pelaksana Surat Kabar Pikiran Rakyat Erwin Kustiman mengatakan media online yang dimiliki lembaga dan juga pemerintahan hanya mengaplikasikan komunikasi satu arah.

Ia menjelaskan, media online lebih mengutamakan media interaksi yang pengelolaannya harus terjaga serta setiap informasinya selalu terbaru.

Erwin menambahkan, keberadaan humas di instansi pemerintah harus memiliki kemampuan memantau perkembangan isu yang ada kaitannya dengan lembaga pemerintah yang bersangkutan.

"Buat manajemen isu dan agenda setting, jangan sampai informasi yang di-'share' tidak ada tujuan pentingnya, hanya rutinitas semata," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,