Dunia Soroti Setya dan Fadli di Kampanye Donald Trump

Dunia Soroti Setya dan Fadli di Kampanye Donald Trump

Wakil Ketua DPR Fadli Zon berfoto selfie dengan salah satu pendukung bakal calon presiden AS, Donald Trump. (Reuters)

New York - Munculnya Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam rangkaian kampanye Donald Trump menjadi perhatian publik, termasuk mendapat sorotan dari banyak media asing.
 
Pada awalnya, Trump mengadakan konferensi pers di Trump Tower di Kota New York, untuk meneguhkan niatnya sebagai calon presiden dari Partai Republik. "Jalan terbaik bagi Partai Republik jika saya menangkan nominasi, dan bertarung langsung dengan siapapun calon dari Demokrat," katanya.
 
Dikutip dari CBS, Jumat (4/9/2015), Trump menandatangani pernyataan dirinya tak akan maju sebagai calon pihak ketiga. Sejumlah pihak mengkhawatirkan, jika itu terjadi, pria nyentrik itu justru akan memuluskan jalan bagi calon Demokrat. Di akhir konferensi pers, Trump memperkenalkan Ketua DPR, Setya Novanto. "Apakah orang Indonesia menyukai saya?" tanyanya kepada politisi Golkar itu.
 
Aksi Trump dalam memperkenalkan Setya Novanto jelass menjadi sorotan media asing. "Di akhir konferensi pers, tanpa alasan jelas, Trump memperkenalkan Ketua DPR RI Setya Novanto," demikian ditulis situs CBS News.
 
Sedangkan situs The Guardian memberitakan soal kejadian itu. "Dia berbalik dan merangkul seorang pria yang mengenakan jas hitam. "Seperti yang Anda tahu, ini adalah Ketua DPR Indonesia," kata Trump. "Trump lantas memandang orang itu, yang maksud kehadirannya dalam acara itu tak jelas, dan bertanya: 'Apakah orang Indonesia menyukai saya?'." 
 
Trump juga menyinggung saingannya dari Partai Republik Jeb Bush. Ia juga berkomentar soal Kanye West, yang baru-baru ini mendeklarasikan diri maju sebagai calon presiden pada 2020.
 
Kabar serupa diberitakan media dunia, antara lain Japan Times, Malaysia Insider, South China Morning Post, Las Vegas Review Journal, USA Today. Situs Livingston Daily mengunggah video berjudul, "Trump: One more thing, do they like me in Indonesia?"
 
Sementara bitu, situs Newsweek dalam akhir artikelnya menuliskan, "Pada akhir konferensi pers, Trump memperkenalkan Ketua DPR Indonesia. Tak jelas mengapa ia (Setya Novanto) bisa ada di sana."
Dan situs media berpengaruh AS, Washington Post menyebut perkenalan Setya Novanto oleh Donald Trump sebagai, 'And there was unexpected spectacle'. Sebuah kejadian tak terduga. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,