Pilih-pilih Hewan Kurban, Waspadai Cacing Fasciola

Pilih-pilih Hewan Kurban, Waspadai Cacing Fasciola

Pamekasan  - Hewan ternak yang akan dijadikan kurban mutlak diperiksa terlebih dahulu, guna mengantisipasi adanya hewan kurban yang terserang cacing fasciola. Yakni cacing yang biasa menyerang dalam hati ternak, yang sangat membahayakan bagi mereka yang mengonsumsinya.
 
Dinas Peternakan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur misalnya, telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak, yang akan dijadikan kurban di sejumlah pasar tradisional.
 
"Kita lakukan pemeriksaan di pasar tradisional untuk mengantisipasi munculnya gangguan kesehatan masyarakat, sebagai akibat mengonsumsi daging hewan kurban," kata Kadisnak Pamekasan, Bambang Prayogi, Jumat (4/9/2015).
 
Menurutnya, sejauh ini memang belum ditemukan adanya ternak yang diperjualbelikan di sejumlah pasar tradisional khususnya di Pamekasan, terserang cacing Fasciola. "Kalau ditemukan yang cacingan (terserang cacing fasciola), pasti kita langsung berikan obat," katanya.
 
Bambang mengatakan, jika tidak dilakukan pemeriksaan sangat sulit diketahui sapi tersebut terserang cacing apa tidak. Sebab, cacing Fasciola hanya bisa diketahui setelah hewan ternak disembelih. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,