Simulasi Pilkada Serentak Digelar di Kantor KPU Jabar

Simulasi Pilkada Serentak Digelar di Kantor KPU Jabar

Bandung - Kepolisian Daerah Jabar dan Polisi Resor Kota Besar Bandung menggelar simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Jumat (4/9/2015).

Ketua Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2015 AKBP Khadafi mengatakan, pengamanan dalam simulasi tersebut lebih difokuskan pada tiga ancaman gangguan yakni aksi tuntutan yang diwarnai bentrokan, antisipasi penyusupan bom dan penyanderaan Ketua KPU Jabar.

"Prioritas pengamanannya itu ditahap akhir pilkada yaitu penghitungan suara, pengamanan komisioner dan antisipasi bom," kata Khadafi.

Ia menuturkan, pengamanan perlu dilakukan sebagai antisipasi gejolak massa di daerah yang keberatan hasil pilkada serentak kota/kabupaten kemudian protes ke KPU Jabar.

"Daerah yang tidak bisa menerima hasil pemilihan itu komplain ke sini setelah pelimpahan hasil suara dari masing-masing daerah," katanya.

Ia menambahkan, pengamanan simulasi tersebut sebagai pelatihan dan pemahaman kepada seluruh anggota agar melakukan pengamanan secara benar, tidak asal bertindak.

Menurut dia, seluruh satuan diantaranya reserse dan intel juga harus paham cara bertindak dalam pengamanan ketika terjadi berbagai insiden di kantor KPU Jabar.

"Ketika ada insiden harus bagaimana, unit reskrim, intelnya harus seperti apa, untuk itu melalui simulasi mereka sudah paham harus bertindak bagaimana," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,