Rio Haryanto Tempati Posisi Ketiga Latihan Bebas

Rio Haryanto Tempati Posisi Ketiga Latihan Bebas

Semarang - Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi ketiga pada sesi latihan bebas seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Monza, Italia, Jumat waktu setempat.

Cep Goldia, Media Relation Rio Haryanto dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Jumat, menyebutkan, juara lomba GP2 Series tiga kali asal Indonesia, Rio Haryanto, kembali menunjukkan bakat dan kecepatannya di Monza, Italia. Pebalap yang didukung Pertamina tersebut menutup sesi latihan bebas di urutan tiga besar.

Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racing ini menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1:32.020 dari 17 kali putaran, sedangkan posisi pertama ditempati pebalap tim DAMS P Gasly dengan catatan waktu 1:31.669, sedangkan kedua adalah Alexander Rossi dari tim Racing Engineering dengan catatan waktu 1:31.986.

Pergantian tujuh pebalap memberi warna baru pada ronde kedelapan musim ini yang digelar di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza. Rio termasuk ke dalam rombongan pertama yang turun ke lintasan ketika sesi latihan dibuka. Pada hot lap perdananya, ia langsung menempati urutan ketiga. Rio sempat turun ke peringkat ketujuh, namun pebalap berusia 22 tahun asal Solo, Jateng, tersebut bangkit dengan cepat dan kembali mengklaim P3.

Sirkuit Monza memiliki karakter cepat dan membuat beberapa peserta kesulitan mencari batas kemampuan mobil mereka. Saingan terdekat Rio di klasemen, Stoffel Vandoorne dari tim ART Grand Prix, bahkan menemui masalah di zona pengereman. Pebalap asal Belgia tersebut sampai harus dua kali memotong chicane pertama.

Saingan Rio lainnya dari Amerika Serikat, Alexander Rossi, juga nampak kehilangan kendali di tikungan Lesmo kedua dan melebar ke gravel trap.

Pada stint kedua, Rio hampir menjadi yang tercepat. Akhirnya, Rio harus puas menempati urutan ketiga dengan catatan waktu terbaik 1:32,020. Ia terpaut 0,351 detik saja dari Pierre Gasly di urutan pertama. Sementara itu, rekan setim Rio di Campos Racing, Arthur Pic, hanya mampu menempati urutan kesembilan.

Rio telah menuntaskan semua program latihan sepanjang 45 menit dengan lancar. Sesuai dengan keyakinannya jelang ronde kali ini, Rio percaya diri bisa naik podium pada setiap race jika tidak terkendala gangguan teknis. Selanjutnya, Rio akan bersiap-siap menghadapi sesi kualifikasi Jumat malam waktu setempat untuk menentukan posisi star pada feature race Sabtu (5/9). (AY)

.

Categories:Autosport,
Tags:,