Goetze Cetak Dua Gol Bawa Jerman ke Puncak Grup D

Goetze Cetak Dua Gol Bawa Jerman ke Puncak Grup D

Paris - Penyerang Mario Goetze mencetak dua gol saat timnya menang 3-1 atas Polandia, yang membawa Jerman memuncaki klasemen grup mereka ketika Irlandia Utara bergerak semakin dekat ke putaran final Piala Eropa 2016 berkat keberhasilan mereka mengalahkan Kepulauan Faroe 3-1 pada Sabtu (5/9/2015).

Ini merupakan kekalahan perdana bagi Polandia dalam tujuh pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 di mana sang juara dunia melakukan balas dendam atas kekalahan 0-2 yang mereka derita di Warsawa Oktober silam untuk menggeser pasukan Adam Nawalska dari puncak klasemen Grup D.

Kemenangan 1-0 yang diraih Georgia atas tamunya Skotlandia, yang akan dihadapi Jerman di Glasgow pada Senin, dan kesuksesan Republik Irlandia untuk menang 4-0 atas Gibraltar berarti Jerman memuncaki klasemen grup dengan 16 angka, sedangkan Polandia berada di urutan kedua dengan 14 angka, dan Irlandia menghuni peringkat ketiga dengan 12 angka, unggul satu angka atas Skotlandia.

"Kami hanya memiliki satu tujuan - untuk memenangi pertandingan, itu yang terpenting," kata pelatih Jerman Joachim Loew.

"Secara keseluruhan, saya hanya dapat merasa sangat puas, kami menampilkan sepak bola super pada 35 menit pertama. Peluang-peluang Polandia didapat dari kesalahan-kesalahan kami." Keempat gol itu tercipta dari pemain-pemain Bayern Munich, ketika Thomas Mueller membawa Jerman unggul sejak awal, kemudian Goetze mengubah skor menjadi 2-0 sebelum kapten Polandia Lewandowski memperkecil ketertinggalan timnya dengan mencetak gol melalui sundulan kepala untuk membuat skor menjadi 2-1 saat turun minum. Mueller dan Goetze kemudian bekerja sama untuk membukukan gol ketiga Jerman pada menit ke-82.

Dua gol dari kapten Robbie Keane, yang membuat dirinya kini telah mencetak 67 gol untuk timnas, dan gol-gol dari Cyrus Christie dan Shane Long membawa Republik Irlandia menaklukkan Gibraltar di Faro. Pasukan Martin O'Neill selanjutnya akan bermain melawan Georgia di Dublin pada Senin.

"Masih ada jalan panjang untuk dilalui, namun saat ini kami telah menyelesaikan pekerjaan yang ada," kata Keane. "Senin akan menjadi pertandingan besar bagi kami." Irlandia Utara mendekat Di Grup F, Irlandia Utara hanya terpaut satu kemenangan lagi dari putaran final Piala Eropa perdana mereka ketika mereka memuncaki klasemen dengan 16 angka, unggul satu angka atas Romania yang bermain imbang tanpa gol di Hungaria.

Dua gol dari Gareth McAuley dan gol ketiga dari Kyle Lafferty mengunci kemenangan di mana Kepulauan Faroe terpukul akibat terusirnya Joan Edmundsson pada menit ke-64 karena sang pemain mendapatkan kartu kuning kedua.

Irlandia Utara akan lolos jika mereka mengalahkan Hungaria pada Senin malam di Winsor Park.

"Kami kelihatannya mampu mencapainya tanpa cedera, dan akan fantastis jika kami mampu melakukannya di depan para penggemar kami sendiri di Windsor Park," kata pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill.

Finlandia meraih kemenangan 1-0 di markas Yunani, pada pertandingan yang mempertemukan dua tim yang kesulitan di Grup F.

Cedera Fekir hantaman bagi Prancis Sementara itu tuan rumah Piala Eropa 2016 Prancis mengakhiri catatan kekalahan mereka dengan kemenangan 1-0 atas Portugal pada pertandingan persahabatan di Lisbon, melalui tendangan bebas Mathieu Valbuena.

Pemain pengganti Valbuena melepaskan sepakan melengkung lima menit sebelum pertandingan usai untuk mengembalikan 'Les Bleus' ke jalur kemenangan setelah menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan, namun penyerang Nabil Fekir harus ditandu keluar lapangan pada menit ke-13 akibat cedera yang belakangan dikonfirmasi sebagai robek ligamen ikat pada lutut kanannya yang akan membuatnya absen enam bulan.

Pasukan Didier Deschamps akan melakukan pertandingan persahabatan berikutnya melawan Serbia pada Senin di Bordeaux.

Di Grup I, Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo tetap berada di atas meski tidak memainkan pertandingan kualifikasi, setelah kedua rivalnya di grup itu Denmark dan Albania bermain imbang 0-0 di Kopenhagen.

Portugal memuncaki grup dengan 12 angka, unggul satu angka atas Albania dan Denmark.

Albania akan menjamu Portugal pada Senin, di mana tim Skandinavia itu melawat ke Armenia yang kalah 0-2 dari Serbia, yang menghuni dasar klasemen setelah mendapat pengurangan tiga angka. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,