Hamilton Tercepat di Sesi Latihan GP Italia

Hamilton Tercepat di Sesi Latihan GP Italia

Monza - Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi-sesi latihan untuk Grand Prix Italia pada Jumat (4/9/2015), di mana Mercedes yang dominan mengerahkan seluruh kekuatannya dan meninggalkan para rivalnya.

Pebalap Britania itu, yang akan mengejar posisi start terdepan untuk ke-11 kalinya dari 12 balap pada Sabtu, berkata kepada para pewarta saat tiba di Monza dengan rambutnya yang dicat bahwa ia akan menjalani fase 'eksperimental.' Bagaimanapun, tidak ada perubahan radikal pada penampilannya di atas trek, hanya bukti jelas bahwa power unit Mercedes lebih cepat daripada sebelumnya.

Sang pemuncak klasemen, yang unggul 28 angka dari rival terdekat sekaligus rekan setimnya Nico Rosberg dengan delapan balap tersisa, unggul hampir setengah detik lebih cepat dari pebalap Jerman itu pada kondisi pagi yang cerah.

Pebalap asal Britania itu, pemenang enam balap pada musim ini sejauh ini, hanya lebih cepat 0,021 detik dari Rosberg pada siang hari, ketika ia menorehkan putaran tercepatnya yakni 1 menit 24,279 detik di trek tercepat kalender tahun ini.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang melakukan persiapan untuk balap Italia perdananya di kandang timnya, merupakan pebalap ketiga tercepat pada kedua sesi -- lebih lambat 1,588 detik dari Hamilton pada pagi hari dan 0,759 detik setelah makan siang.

Hal itu akan menghadirkan kekecewaan bagi para penggemar lokal, yang mengusung spanduk-spanduk Ferrari di tribun penonton termasuk dukungan kepada Michael Schumacher dan almarhum Jules Bianchi.

Force India yang disokong Mercedes menghuni peringkat keempat pada kedua sesi, di mana Nico Hulkenberg mendudukinya pada pagi hari dan Sergio Perez pada siang hari.

Sesi pembuka sempat dihentikan ketika pebalap Spanyol Carlos Sainz kehilangan kendali Toro Rossonya di Parabolica dan membuat mobilnya meluncur ke gravel, membuat bendera merah harus berkibar pada menit ke-30.

McLaren yang didukung Honda, akan mendapat lebih banyak penalti grid karena mengganti mesin mobil Fernando Alonso dan Jenson Button, keduanya mengalami sesi yang berat di mana pebalap Spanyol itu menghuni urutan ke-18 dan pebalap Britania itu berada di urutan ke-19.

Tidak ada masalah dengan ban-ban Pirelli setelah sempat terjadi ban meletus pada kecepatan tinggi di Belgia dua pekan silam. (AY)

.

Categories:Autosport,
Tags:,