Dinkes Bandung, Imbau Cek Kesehatan Usai Berhaji

Dinkes Bandung, Imbau Cek Kesehatan Usai Berhaji

Bandung - Dinas Kesehatan Kota Bandung jemaah haji melakukan cek dan  melaporkan kesehatannya sepulang beribadah haji untuk mengantisipasi  virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS).
 
"Jemaah haji seringkali lupa untuk memeriksakan kesehatan setelah kembali ke tanah air, dan mereka yang baru pulang berhaji nanti langsung cek kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Ahyani Raksanagara di Bandung, Sabtu (5/9/2015).
 
Menurut Ahyani hal itu berkaitan dengan potensi penyebaran virus MERS yang masih diwaspadai di Timur Tengah. Ia menambahkan jemaah haji harus tetap mengutamakan kepastian kesehatan sepulang berhaji. "Karena bisa repot kalau ada penyakit yang telat terdeteksi, apalagi penyakitnya sekelas MERS," kata Ahyani.
 
Ahyani menambahkan, meski belum pernah didapatkan pengidap MERS di Bandung, seluruh pelayanan kesehatan sudah siap untuk megantisipasi virus tersebut. Seluruh Puskesmas di Bandung sudah dilatih mengenai pencegahan dan deteksi MERS. Untuk penanganan lebih lanjut, Rumah Sakit Hasan Sadikin dan Rotinsulu menjadi rujukan kasus MERS.
 
Kesiapan pihak Kota Bandung dalam menangani penyebaran virus MERS tersebut menurut Ahyani tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Pasalnya pihaknya tidak akan mengetahui seseorang itu mengidap MERS atau tidak jika ia tidak melaporkan keluhan penyakitnya kepada petugas kesehatan. "Kami siap menangani, tinggal sekarang kembali pada perlunya kewaspadaan dan partisipasi masyarakat untuk sadar kesehatan," katanya menambahkan.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,