Indonesia Masuk dalam Rute Reli Cina-ASEAN

Indonesia Masuk dalam Rute Reli Cina-ASEAN

Nanning - Indonesia untuk pertama kalinya masuk dalam rute reli mobil Cina-ASEAN International Touring Assembly (CAITA Rally) yang akan dimulai dari Nanning, Tiongkok, Senin (7/9)).


Ketua pelaksana CAITA Rally 2015 Thomas Ma di Nanning, Minggu (6/9/2015), mengatakan dalam reli tahun ini, peserta dijadwalkan tiba di Pulau Batam, Kepulauan Riau, pada 18 September.

"Untuk pertama kalinya, reli ini singgah di Indonesia, di Pulau Batam. Para peserta tampaknya cukup antusias, apalagi banyak di antara mereka yang belum pernah ke Batam," kata Thomas Ma.

CAITA Rally merupakan kegiatan tahunan yang antara lain ditujukan untuk mempererat hubungan Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Kegiatan yang dimulai sejak 2006 itu digelar oleh Kantor Olahraga Umum Tiongkok dan Provinsi Guangxi, Tiongkok.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, start dan finish CAITA Rally 2015 ini dilakukan di Kota Nanning, ibu kota Provinsi Guangxi. Lebih dari 100 peserta reli mobil ini akan melewati Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Peserta umumnya mewakili negara-negara ASEAN dan sejumlah provinsi di Tiongkok. Peserta dari Indonesia, Nurdin Purnomo,  mengatakan masuknya Batam dalam CAITA Rally dapat dimanfaatkan untuk lebih memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Tiongkok dan ASEAN.

"Di Batam banyak tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata yang menarik, kita akan perkenalkan kepada para peserta" kata Nurdin, yang juga sebagai anggota dewan kehormatan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Dari Batam para peserta reli akan melanjutkan perjalanan ke Singapura hingga kembali ke Nanning akhir September.(Ode)**

.

Categories:Autosport,
Tags:,