Kebakaran Hutan Kareumbi Sumedang Capai Lima Hektar

Kebakaran Hutan Kareumbi Sumedang Capai Lima Hektar

Sumedang- Polisi menyatakan peristiwa kebakaran hutan di Gunung Kareumbi, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (6/9) mencapai lima hektar. "Kurang lebih lima hektare hutan tersebut terbakar," kata Kepala Polsek Cimanggung Kompol Amin Taufan, Senin (7/9/2015).

Dia menuturkan, kebakaran hutan penghijau  itu diketahui warga setempat, Minggu (6/9) petang, di area hutan Masigit blok Jawangsa, Gunung Kareumbi, Kecamatan Cimanggung.

Berdasarkan keterangan warga, kata Amin, diduga adanya kecerobohan pengunjung yang membuang puntung rokok atau sumber api lainnya saat melakukan aktivitas berkemah di kawasan hutan tersebut. "Api terlihat pada sore hari yang merambah ke hutan yang di tumbuhi tanaman penghijau setinggi satu meter yang kering," katanya.

Ia menambahkan, upaya pemadaman langsung dilakukan oleh warga setempat, personel Polisi Hutan, Polsek Cimanggung, dan TNI dari Koramil setempat. Selanjutnya tim gabungan pemadaman melakukan pengecekan ke sejumlah tempat kawasan hutan lainnya untuk memastikan tidak ada api yang menyala. "Siang hari dilakukan pengecekan kembali," katanya.

Gunung Kareumbi merupakan kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung, Sumedang dan Garut. Kawasan Kareumbi dijadikan tempat perkemahan yang dikelola oleh BBKSDA.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,