Rupiah Merosot, Ratusan Buruh Pabrik Plastik Di-PHK

Rupiah Merosot, Ratusan Buruh Pabrik Plastik Di-PHK

Tangerang - Kondisi kalangan perusahaan di Kota Tangerang memburuk, akibat terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Salah satu perusahaan produksi kantong plastik, PT Klip Plastik, di Batu Ceper, Kota Tangerang misalnya, melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya.
 
Para karyawan yang merasa tidak terima langsung melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik, yang berlokasi di Jalan Aster Raya, Kelurahan Kebon Besar, Kecamatan Batu Ceper, Senin (7/9/2015). Mereka juga memblokir jalan hingga lalu lintas kendaraan di kawasan industri itu mengalami lumpuh total.

Dalam aksinya, para karyawan menuntut pihak perusahaan segera mempekerjakan kembali 200 karyawan yang di-PHK oleh pihak perusahaan, karena menolak aturan yang mengubah status karyawan tetap menjadi outsourcing. Hal itu diduga untuk efisiensi akibat melemahnya rupiah.
 
"Kami menyayangkan sikap manajemen baru yang mengeluarkan kebijakan yang sangat merugikan karyawan lama. Yakni dengan menjadikannya karyawan outsourcing," kata Koordinator demo, Ramlan.

Menurutnya, ratusan karyawan yang di-PHK jelas menolak aturan itu karena banyak dari mereka yang telah bekerja selama puluhan tahun. "Surat keputusan manajemen sebelumnya menyatakan, karyawan yang telah mengikuti masa training selama tiga bulan harus diangkat menjadi karyawan tetap. Namun manajemen kini mengubah aturan itu, sehingga karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun dirugikan," tegasnya.
 
Disebutkan, aksi itu akan terus dilakukan sampai pihak manajemen mengabulkan tuntutan para karyawan. "Kami tidak akan berhenti sampai tuntutan terpenuhi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,