Gunung Papandayan Ditutup untuk Umum

Gunung Papandayan Ditutup untuk Umum

Bandung - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) menetapkan kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut  ditutup sementara untuk aktivitas pendakian maupun berkemah, selama proses pemadaman dan penyelidikan kebakaran hutan di gunung tersebut.

"Sementara kawasan Gunung Papandayan ditutup, baik untuk pendakian atau kunjungan wisata ke sekitar kawah," kata Kepala Seksi (BKSDA) Wilayah V Garut Toni Ramdani melalui telepon seluler, Senin (7/9/2015).

Ia menegaskan, kebijakan itu untuk mencegah adanya korban jiwa atau sebagai upaya mempermudah proses pemadaman api yang membakar hutan di kawasan konservasi itu.

Pihaknya masih melakukan pemadaman dan belum mengetahui penyebab pasti dari peristiwa lahan hutan yang terbakar itu. "Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," katanya.

Ia menyebutkan, kawasan hutan yang terbakar berada di blok Tegal Alun dan Pondok Saladah atau tidak jauh dari wilayah perkemahan. Kebakaran itu, lanjut dia, tidak ada pendaki atau pengunjung yang berkemah terjebak dalam peristiwa kebakaran itu. "Informasi adanya pendaki yang terjebak dalam peristiwa kebakaran ini sama sekali tidak benar, yang ada mereka ikut membantu upaya pemadaman," katanya.

Selanjutnya pengunjung yang sedang berkemah diminta untuk turun meninggalkan perkemahan. "Pengunjung yang sedang 'camping' dari tadi pagi sudah kita suruh turun demi mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,